Berdasarkan hasil informasi yang telah di koordinasikan dengan kementerian Koperasi bahwa pada tahun 2023 mendatang dari Lokasi Perioritas (lokperi) rencana Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik penugasan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) ada sebanyak 75 lokasi telah di verifikasi tetapi hanya sebanyak 35 Kabupaten Kota yang terpilih.

“Alhamdulillah untuk Kabupaten Lampung Barat masuk dalam 35 recana alokasi tersebut,” ujar Tri Umaryani.

Hal tersebut disampaikan kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (KOPERINDAG) Lampung Barat (Lambar) Tri Umaryani saat menghadiri kegiatan rutin mingguan Ngupi Bebakhong atau yang sering disebut Kopi Morning yang berlangsung di Aula Kagungan Setda, Senin 25/7/2022.

Tri Umaryani mengatakan sehubungan dengan kegiatan alokasi Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik penugasan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) pada tahun 2023 dari Kementerian koperasi khususnya terkait dengan pembangunan layanan usaha terpadu.

“Rencananya pada hari ini , 25 Juli 2022 kementerian koperasi akan melakukan kunjungan ke Pemerintah Kabupaten Lampung Barat sekiranya pak sekretaris Daerah (Sekda) berkenan menyambut kedatangan tim kementerian tersebut,” harapnya.

Selain itu, Tri Umaryani berharap untuk menyambut kedatangan kementerian koperasi selain Sekda, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA), Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKD) dan Pertanahan agar dapat bersama-sama mendukung program tersebut agar dapat berjalan dengan lancar.

“Selajutnya untuk menuju kelapangan agar sekiranya berkenan dari Bappeda, Bpkd dan pertanahan, karena ini menyangkut lahan serta memastikan program ini menjadi prioritas dari Kabupaten Kota yang terpilih,” harap Triumaryani.

Terakhir Kepala Koperindag tersebut mengungkapkan berdasarkan informasi dari kementerian bahwa pada tahun sebelumnya hanya terpilih sejumlah 20 Kabupaten kota se-Indonesia.

“Kemungkinan dari 35 Kabupaten yang terpilih akan diseleksi ulang sehingga nanti akan menjadi 20 atau batas kemampuan keuangan pusat,” pungkasnya.

Sementara Sekda Lambar Drs. Nukman menyambut baik mengenai kabar tersebut, ia berharap agar seluruh kepala perangkat daerah dapat membantu dan bekerja sama agar program tersebut berjalan dengan lancar.

“Mengenai teknis penyambutan terhadap Kementerian Koperasi yang akan hadir pada siang hari ini, nanti kita akan bahas lebih jelas lagi setalah kegaiatan ngupi bekbahong ini selesai,” tutup Sekretaris Daerah dengan rawut wajah gembira menyambut kabar gembira tersebut.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Drs. Adi Utama, Staf Ahli Bupati, Kepala Perangkat Daerah