Bupati Lampung Barat Hi. Parosil Mabsus secara resmi menutup kegiatan Kharisma Event Nusantara (KEN) Festival Sekala Bekhak ke-8 yang diselenggarakan selama tiga hari, sejak 10 hingga 13 Juli 2022 di Lapangan Merdeka Kota Liwa, Kelurahan Pasar Liwa, Kecamatan Balikbukit, Lampung Barat, Rabu (13/7/2022) malam.

Penutupan even bergengsi Festival Sekala Bekhak (FSB) ke-8 tersebut ditandai pemukulan gamolan pekhing (gemelan bambu) oleh Bupati Lampung Barat Hi. Parosil Mabsus dan Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Provinsi Lampung Drs. Qudrotul Ikhwan serta Koordinator Event Daerah Wilayah 1 Kemenparekraf RI Diana M. Tikupasang.

Penutupan acara itu pun turut dihadiri Wakil Bupati Lampung Barat Drs. Mad Hasnurin, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Keluarga (TP-PKK) Lampung Barat Partinia Parosil Mabsus, Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Lampung Barat Gurti Komarawati, Kapolres Lampung Barat AKBP Heri Sugeng Priyanto, Dandim 0422/LB Letkol Czi Anthon Wibowo, Ketua Pengadilan Agama Krui YM. Sri Nur’ainy Madjid, S.H.I., M.M., Ketua Pengadilan Negeri (PN) Liwa Akhmad Budiawan, SH., MH., Sekretaris Daerah (Sekda) Lampung Barat Drs. Nukman, Assisten, Staf Ahli, Kepala Perangkat Darah Lampung Barat, Camat, Lurah/Peratin, Tokoh Adat dan ribuan masyarakat Lampung Barat.

Pada penutupan acara FSB itu, diumumkan juara dari berbagai perlombaan yang digelar selama tiga hari tersebut. Perlombaan itu diantaranya, lomba video pariwisata, photo pariwisata, lomba orkes gambus, lomba karnaval pekon, lomba karnaval sekolah, lomba karnaval kecamatan, lomba nyambai umum wilayah I, lomba nyambai wilayah II serta lomba nyambai Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Selanjutnya Bupati dan Wakil Bupati Lampung Barat Parosil – Mad Hasnurin (PM) menyerahkan hadiah kepada para juara lomba tersebut. Kemudian penyerahan hadiah kepada para juara lomba itu pun disusul oleh Dandim 0422/LB, Kapolres Lampung Barat, Ketua TP-PKK serta Ketua GOW Lampung Barat.

Atas nama Pemerintah Provinsi Lampung, Gubernur Lampung Ir. Arinal Djunaidi yang diwakili Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Provinsi Lampung Drs. Qudrotul Ikhwan, dirinya menyambut gembira atas terselenggaranya Festival Sekala Bekhak yang sempat terjeda selama dua tahun akibat wabah pandemi covid-19.

“Untuk itu, saya menyampaikan apresiasi serta ucapan terima kasih atas kehadiran dan antusias saudara semua dalam mengikuti rangkaian festival Ini, sekaligus ikut menyaksikan even-event lainnya yang merupakan satu kesatuan rangkaian Festival Sekala Bekhak,” ungkapnya.

Qudrotul Ikhwan juga menyampaikan Festival Sekala Bekhak di tahun 2021 menjadi satu-satu event yang masuk dalam Kharisma Event Nusantara (Calender Event Nasional) mewakili Provinsi Lampung. Kemudian di tahun 2022 ini, Festival Sekala Bekhak kembali masuk ke dalam 110 event nasional Kharisma Event Nusantara (KEN) yang diluncurkan Kemenparekraf.

Selain itu, dirinya menyatakan melalui Festival Sekala Bekhak, Pemerintah Provinsi Lampung berharap akan menjadi media promosi yang menampilkan berbagai event yang menarik, unik khas Kabupaten Lampung Barat dan bernilai jual tinggi.

Sehingga hal itu akan memberikan dampak peningkatan kunjungan wisatawan ke daerah Lampung Barat yang tentunya akan berpengaruh besar terhadap meningkatnya pendapatan dan kesejahteraan masyarakat Lampung.

Selanjutnya Qudrotul Ikhwan menyatakan saat ini industri pariwisata Indonesia mulai bangkit pasca pandemi covid-19, oleh sebab itu diperlukan program yang tepat sasaran, tepat manfaat dan tepat waktu untuk menstabilkan pembangunan sektor pariwisata di Provinsi Lampung.

“Salah satunya melalu pengembangan desa wisata yang diharapkan dapat menjadi tonggak perekonomian nasional,” ucap Qudrotul Ikhwan.

“Untuk Itu, kita harus jeli, kreatif dan inovatif untuk terus menggali dan mengelola potensi-potensi wisata yang ada di daerah kita, khususnya di Lampung Barat,” tambahnya.

Sementara itu, Bupati Lampung Barat Hi. Parosil Mabsus melalui sambutannya mengatakan bahwa Festival Sekala Bekhak ke-8 merupakan persembahan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) yang bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Barat melalui Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Lampung Barat.

Parosil pun mengapresiasi khususnya bagi masyarakat Lampung Barat terutama bagi peserta yang memeriahkan dan mensukseskan kegiatan Festifal Sekala Bekhak Tersebut.

“Mudah-mudahan dari dukungan dan kerja sama dari seluruh lapisan masyarakat akan menjadi bukti bahwa Lampung Barat merupakan kabupaten yang sangat cinta dan peduli atas kelestarian budaya,” ungkap Parosil.

“Seni budaya merupakan tonggak persatuan dan perekat anak bangsa yang perlu dijaga dan dilestarikan,” tambahnya.

Parosil menyatakan suksesnya kegiatan FSB tersebut tidak terlepas dari dukungan dan kerjasama dari pihak TNI dan Polri, sehingga ia menyampaikan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Kapolres dan Dandim Lampung Barat yang telah membantu dan mendukung suksesnya FSB tersebut.

Mengingat karnaval seni budaya sudah ada di Kabupaten Lampung Barat, Parosil meminta kepada seluruh masyarakat untuk senantiasa menjaga kemajemukan tersebut.

“Karnaval seni budaya sudah ada di Lampung Barat, kemajemukan ini harus sama-sama kita jaga. Dengan menjaga dan merawatnya, pasti ada kemanfaatan untuk Kabupaten Lampung Barat kedepannya,” cetusnya.

Selanjutnya Parosil meminta kepada Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Provinsi Lampung Drs. Qudrotul Ikhwan, untuk dapat mempromosikan UMKM di Lampung Barat hingga tingkat nasional. Hal itu ditujukan demi kesejahteraan masyarakat Lampung Barat.

“Kami berharap Pemerintah Provinsi dapat memberikan dukungan berupa promosi dan kerja sama bagaimana caranya pelaku UMKM Kabupaten Lampung Barat dapat mengikuti even di provinsi lampung hingga tingkat nasional. Kalau permintaan konsumen dari luar daerah Lampung Barat meningkat hal itu akan berdampak meningkatnya pendapatan masyarakat Lampung Barat, sehingga masyarakat lebih sejahtera,” harapnya.

Kemudian, Parosil mengucapkan terima kasih Terima kepada Diana M. Tikupasang selaku Koordinator Event Daerah Wilayah 1 Kemenparekraf RI yang telah hadir di Kabupaten Lampung Barat dalam acara FSB tersebut.

Parosil pun berharap, dengan hadirnya Koordinator Event Daerah Wilayah 1 Kemenparekraf RI Diana M. Tikupasang di Kabupaten Lampung Barat dapat mendukung penuh kegiatan FSB hingga ke tingkat nasional.

“Besar harapan kami dengan kehadiran ibu Diana dapat memberikan penilaian langsung terhadap FSB ini dan mendukung FSB ini dengan memberikan bantuan dana dari Kementerian. Harapan dan tujuannya agar FSB ini bukan hanya ada di daerah saja, akan tetapi ada di tingkat nasional,” harapnya.

Terakhir, Parosil mengajak seluruh lapisan masyarkat untuk menjaga kerukunan dan kesatuan demi terwujudnya Lampung Barat Hebat, Lampung berjaya dan Indonesia maju.

“Saya mengajak seluruh masyarakat mari kita sama-sama menjaga kerukunan dan persatuan, kalau kerukunan dan persatuan dapat kita jaga, kita akan mempu mewujudkan Lampung Barat Hebat, Lampung berjaya dan Indonesia maju,” pungkasnya.