Bupati Lampung Barat Hi. Parosil Mabsus melakukan pertemuan dengan Dosennya, Drs. Berchah Pitoewas, M.H., pada saat menempuh pendidikan di Univeraitas Lampung (Unila) tahun 1995.

 

Pertemuan antara mantan anak didik bersama Dosennya itu berlangsung di Rumah Makan Kayu, Bandar Lampung, Minggu (19/6/2022).

 

Pada kesempatan itu, Drs. Berchah Pitoewas, M.H., yang merupakan Dosen Senior Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) Unila, ia menyatakan jika Bupati Lampung Barta Hi. Parosil Mabsus memiliki inisiasi yang tinggi dan merupakan seorang organisatoris sejati saat mengenyam pendidikan di Unila.

 

“Pak Parosil Mabsus ini adalah salah satu mahasiswa saya yang pada waktu menjadi mahasiswa memiliki inisiasi yang tinggi, seorang organisatoris sejati,” ujar Dosen Senior Unila Berchah Pitoewas.

 

Ia menyatakan, kemampuan Bupati Parosil Mabsus pada saat menjadi mahasiswa kala itu masih relevan diterapkan saat menjadi bupati sekarang ini.

 

“Oleh karena itu dasar-dasar yang diperoleh saat menjadi mahasiswa, ini sangat relevan sekali diterapkan pada waktu beliau menjadi bupati,” ucapnya.

 

Apalagi, lanjut Berchah, Parosil adalah seorang yang dilahirkan dari program studi pendidikan Pancasila, sehingga ia meyakini jika Parosil sebagai bupati dapat merawat keberagaman yang ada di Kabupaten Lampung.

 

“Pasti merawat keberagaman yang ada di Lampung Barat itu beliau sangat-sangat mahir,” cetusnya.

 

“Dan saya yakin, Lampung Barat pasti akan menjadi kabupaten yang damai, jauh dari perpecahan-perpecahan, karena beliau adalah pancasilais sejati,” pungkasnya.

 

Sementara itu, Parosil menyatakan pertemuan tersebut dalam rangka mempererat tali silaturrahmi.

 

“Pertemuan ini selain untuk mempererat tali silaturahmi antara mantan anak didik bersama Dosennya, juga sebagai ajang berbagi canda tawa dan hangatnya mengingat masa-masa kuliah dulu,” ucap Parosil.

 

“Sebab bapak Berchah ini merupakan salah satu dosen terbaik saya sewaktu kuliah dulu,” sambungnya.

 

Selain itu, dalam pertemuan tersebut Parosil bersama beberapa rekan alumninya membahas mengenai pembentukan Ikatan Keluarga Alumni (IKA) FKIP PPKN Unila pada bulan Juli mendatang.

 

“Mudah-mudahan ke depan rencana ini bisa menjadi sarana untuk mempererat tali silaturahmi sesama alumni agar bisa sharing dan berbagi pengalaman kisah kuliah dulu, atau pun kisah sekarang dan masa mendatang,” pungkasnya.