Jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Barat melakukan kegiatan rutin coffee morning di Aula Kagungan lingkungan Pemkab Lampung Barat, Senin (14/3/2022).

Acara coffee morning tersebut dipimpin langsung oleh Pj. Sekretaris Daerah Lampung Barat Drs. Adi Utama dan dihadiri Assisten, Staf Ahli dan Kepala Perangkat Daerah Lampung Barat.

Pada kegiatan coffee morning kali ini dibahas terkait penanganan konflik gajah yang masuk di pemukiman warga Kecamatan Bandar Negeri Suoh (BNS) tepatnya di Pekon Gunung Ratu pada Sabtu (12/3) kemarin dan merusak sebagian tanaman para warga.

Adi utama menyampaikan bahwa Bupati Lampung Barat H. Parosil Mabsus telah memerintahkan seluruh jajaran untuk segera mengatasi konflik gajah tersebut. Mengingat, kawanan gajah tersebut hingga hari ini belum menjauh dari pemukiman.

Sehingga dalam penanganannya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lampung Barat telah melakukan koordinasi dengan stakeholder terkait, baik dari kecamatan hingga pekon.

Kemudian, langkah selanjutnya BPBD Lampung Barat menerjunkan satgas Konflik gajah yang dibantu petugas Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS), Wildlife Conservation Society (WCS) serta masyarakat setempat untuk berupaya menggiring kawanan gajah agar menjauh dari pemukiman.

“Petugas satgas telah berupaya melakukan blokade terhadap jalan masuk kawanan gajah tersebut ke pemukiman warga dan menggiringnya untuk kembali ke hutan dengan peralatan seperti bunyi-bunyian petasan”, ucap Adi Utama.