Bupati Lampung Barat H. Parosil Mabsus melakukan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kecamatan Tahun 2022 Dalam Rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2023, Kamis (3/2/2022).

Musrenbang tingkat kecamatan ini diawali di Kecamatan Sumber Jaya yang dipusatkan di Pekon Way Petai dan dihadiri Anggota DPRD Lampung Barat Erwan, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Lampung Barat Partinia Parosil Mabsus, Assisten, Staf Ahli, Seluruh Kepala Perangkat Daerah Lampung Barat, Camat Sumber Jaya, Kapolsek Sumber Jaya, Danramil Sumber Jaya, Kepala UPT Puskesmas Sumber Jaya, Kepala Kantor Urusan Agama Sumber Jaya, Kepala Puskesmas Kecamatan Sumber Jaya, Kepala kantor KUA Kecamatan Sumber Jaya, Para Peratin, Tokoh Adat dan Tokoh Masyarakat serta dihadiri Forum Anak yang juga bertanya kepada Bupati Parosil terkait Pendidikan di Kabupaten Lampung Barat.

Kehadiran Bupati Parosil di lokasi acara disambut dengan arak-arakan dan ditandu menaiki Singa Depok menuju panggung acara. Setelah sampai di panggung acara, Bupati dan rombongan kembali disambut dengan Tari Sembah Batin serta tari piring dan ditampilkan juga Budaya Nyambai.

Musrenbang tersebut didukung dengan adanya pameran produk unggulan UP2K, KWT, Gapoktan dan UMKM. Kemudian didukung adanya Gerai Vaksin dan Klinik Pelayanan Kesehatan Hewan.

Pada acara tersebut Bupati Parosil secara simbolis melakukan penyerahan dana untuk Kecamatan Sumber Jaya, Penyerahan Dana Desa (DD) untuk lima Pekon yang ada di Kecamatan Sumber Jaya, diantaranya Pekon Suka Pura, Way Petai, Suka Jaya, Sindang Pagar dan Simpang Sari.

Kemudian penyerahan biaya penyelenggaraan Pendidikan Merata (PM) dan sarana prasarana pendidikan, Penyerahan bantuan bibit tanaman buah, diantaranya buah durian, alpokat, jambu jamaika dan kelengkeng.

Selanjutnya penyerahan bantuan alat perkebunan, penyerahan bantuan bibit benih ikan, penyerahan sertifikat hak atas tanah untuk Pekon Tugu Sari dan Pekon Way Petai.

Selaku kepala daerah, Bupati Parosil mengatakan pelaksanaan Musrenbang tingkat Kecamatan yang ada di Kabupaten Lampung Barat ini, diawali dari Kecamatan Sumber Jaya.

Biasanya, lanjut Parosil, Musrenbang itu dilakukan di Ibukota Kecamatan, akan tetapi Musrenbang kali ini dilakukan bergilir dari satu pekon ke pekon lain, dan sekarang di Pekon Way Petai.

Penyelenggaraan Musrenbang secara bergilir ini ditujukan Parosil hal paling utama adalah untuk menjalin silaturrahmi.

Kedua menginginkan dengan adanya DPRD dan Kepala Dinas yang hadir, apa yang menjadi persoalan di Kecamatan dapat terselesaikan,” ungkap Parosil.

Parosil menyatakan, Musrenbang merupakan sebuah tahapan pembangunan yang diamanatkan perundang-undangan, dan diawali Musrenbang mulai dari tingkat Dusun, Pekon, Kecamatan, Kabupaten, Provinsi dan terakhir di tingkat Nasional. Mekanismenya, menurut parosil harus dilalui, karena hal itu merupakan upaya dalam menjaring aspirasi dari masyarakat secara langsung.

“Ini merupakan momentum penting, karena di sinilah kita dapat duduk bersama untuk membahas, merencanakan suatu program kegiatan yang menjadi kebutuhan masyarakat, dalam rangka meningkatkan kemajuan daerah, menuju Lampung Barat Hebat dan Sejahtera,” paparnya.

Tahun 2022 ini, merupakan tahun kelima di masa kepemimpinan Parosil – Mad Hasnurin (PM) menjalankan roda pembangunan dan pemerintahan di Lampung Barat. Atas dasar itu, Parosil meminta kepada camat dan peratin serta staf jajarannya untuk memprioritaskan usulan kegiatan yang dibutuhkan masyarakat.

“Kami meminta, kepada camat, para peratin dan perangkat pekon, LHP, serta kepada masyarakat untuk memprioritaskan usulan kegiatan yang memiliki manfaat bagi pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat, peningkatan produksi dan produktivitas, serta memperlancar keterjangkauan pusat-pusat pelayanan ekonomi dan sosial antara pekon dengan ibukota kecamatan,” ucap Parosil.

Kemudian untuk Kecamatan yang masih memiliki pekon dengan status pekon tertinggal atau kurang berkembang, untuk memprioritaskan usulan kegiatan pada aspek yang menjadi penyebab ketertinggalannya.

Selanjutnya, mengingat alokasi dana pekon dari tahun ke tahun terus meningkat, Parosil meminta kepada pengguna angaran untuk mengoptimalkan peruntukan dana tersebut guna mendukung kemajuan pekon serta kelurahan

“Mensukseskan pelaksanaan kegiatan pembangunan yang ada di wilayahnya baik yang bersumber pada dana pekon maupun APBD kabupaten, agar dapat diselesaikan tepat waktu, berkualitas, tepat sasaran dan bermanfaat,” jelasnya.

“Terus berinovasi dalam memajukan pekon dan kecamatan, dengan mengoptimalkan potensi sumberdaya lokal, guna peningkatan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat sesuai dengan potensi daerah masing-masing,” sambungnya.

Pada Musrenbang itu, masing-masing Peratin yang ada di seluruh Kecamatan Sumber Jaya menyampaikan aspirasi terkait pembangunan di pekonnya.

Rencana pembangunan yang disampaikan para peratin tersebut didominasi dengan pembangunan infrastruktur, dalam hal ini adalah pembangunan ruas jalan dan listrik.

— Setelah Musrenbang selesai, Bupati Parosil dan rombongan melanjutkan meninjau pameran produk unggulan UP2K, KWT, Gapoktan, UMKM, Gerai Vaksin dan Klinik Pelayanan Kesehatan Hewan.

Sementara itu, Abdul Qadir selaku tokoh masyarakat Kecamatan Sumber Jaya, mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Barat atas pitu program yang dicanangkan PM di masa kepemimpinannya dan telah dirasakan manfaatnya secara langsung.

“Kami di sini mengucapkan terimakasih kepada Pak Bupati, karena apa yang telah diprogramkan di dalam Pitu program unggulan sudah kami rasakan manfaatnya. Seperti infrastruktur, pelayanan kesehatan, semua bisa sekolah, ini benar-benar sudah kami rasakan,” ungkapnya.

“Terlebih dengan adanya sekolah gratis, Pak Bupati memberikan seragam gratis, ini benar kami rasakan manfaatnya sebagai masyarakat,” sambungnya.

Kemudian dengan adanya program PTSL atau pembuatan setifikat tanah, Abdul Qadir mengatakan masyarakat sangat terbantu.

“Alhamdulilah masyarakat kami ini dikatakan sudah 90 persen sudah memiliki sertifikat,” katanya.

“Sebagai rakyat kami benar-benar merasakan dari tujuh program yang pak bupati laksanakan,” jelasnya.

Mengakhiri sambutannya, Abdul Qadir menyampaikan pantun. Dalam pantunnya ia mendukung penuh kebijakan yang dilakukan Bupati Parosil dan Wakilnya Drs. Mad Hasnurin.

“Kopi robusta buahnya lebat, produk unggulan Provinsi Lampung. Bapak bupati punya program yang hebat, 2024 siap mendukung,” cetusnya.

— Pohon duku dari Palembang, buahnya lebat boleh dipetik. Jangan ragu jangan bimbang, tahun 2024 tetap Pacik. Merdeka!,” pungkasnya.