Pj. Bupati Lampung Barat Drs. Nukman M.M menghadiri Pengajian Akbar dalam rangka memperingati Mualid Nabi Muhammad SAW sekaligus doa bersama menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024 yang digelar pengurus Muslimat Nahdatul Ulama (NU) setempat, di Islamik Center Sekuting Terpadu Pekon Watas Kecamatan Balik Bukit, Senin (16/09).

Dalam acara yang dilakukan penyerahan santunan kepada anak yatim piatu, Pj. Bupati Nukman menyampaikan apresiasi kepada pengurus Muslimat NU Kabupaten Lampung Barat yang sudah menggelar kegiatan peringatan kelahiran Nabi Muhammad SAW.

“Suatu kebahagiaan yang tiada terhingga bagi saya, karena saya dapat berkumpul dengan bapak ibu sekalian dalam suasana keagamaan yang sangat sakral yaitu memperingati hari lahirnya Rosululloh SAW yang dikemas dengan kegiatan Dzikir Manaqib. Dua kegiatan yang sama-sama mengandung hikmah yang dalam, dimana hasil akhirnya adalah meniru Suri Tauladan dari sejarah kehidupan mahluk pilihan yang dimuliakan oleh Alloh SWT,” kata Nukman.

Menurutnya, Maulid Nabi Muhammad SAW adalah memperingati sejarah lahirnya panutan Rosululloh, sementara Manaqib adalah membacakan sejarah kehidupan Waliyulloh dalam hal ini Qutbi Robbani Syekh Abdul Qodir Jailani.

Dirinya mengajak kepada jamaah yang turut hadir menjadikan momen yang baik tersebut untuk bersama-sama meneladani sifat dan perilaku Rasululloh SAW serta menerapkannya dalam kehidupan keseharian-hari, terutama dalam bekerja dan melayani masyarakat, guna mewujudkan Lampung Barat yang hebat dan sejahtera.

“Sebagaimana kita ketahui bersama di dalam sejarah bahwa dalam pelaksanaan Dakwahnya Rosululloh SAW menemui banyak tantangan dan rintangan yang beliau hadapi, misalnya cacian, hinaan, dan lain sebagainya. Tetapi beliau tetap teguh dan sabar dalam menjalankan tugas dari Alloh SWT. Saya berharap, dalam kontek kekinian dalam membangun negeri ini khususnya membangun Lampung Barat kita pun harus mampu mengikuti jejak langkah, sikap dan perilaku beliau yang terus maju dan senantiasa berdoa kepada Allah,” ucapnya.

Disela sambutannya, Nukman juga mengingatkan, di tahun 2024 ini Kabupaten Lampung Barat akan menggelar pesta demokrasi yakni pemilihan kepala daerah bupati dan wakil bupati. Orang nomor satu di Lampung Barat itu mengajak masyarakatnya agar dalam menentukan pilihan kepala daerah mendatang berpedoman kepada apa yang diajarkan oleh Rosululloh SAW.

“Mari kita pergunakan hak pilih kita dengan baik, dengan tetap menjaga keamanan dan kenyamanan kita semua. Selaku kepala daerah saya mengajak mari kita bersama-sama merajut Ukhuwah Islamiyah kebersamaan dan kekeluargaan sehingga menciptakan persatuan dan kesatuan diantara kita. Semoga masyarakat Lampung Barat khususnya, terus menjadi masyarakat yang kuat dalam pondasi rasa persaudaraan dan kerukunan,” ujarnya.

Sementara, ketua Muslimat NU Lampung Barat Sahyana mengungkapkan sangat bersyukur dengan diadakan kegiatan tersebut sehingga bisa terjalin hubungan silaturahmi di antara PC muslimat NU Kabupaten dan PAC Muslimat NU Kecamatan. Menurutnya acara itu sangat bermanfaat untuk para jamaah yang turut hadir, sebab penuh dengan menyebut dan membesarkan nama nabi Muhammad SAW.

Senada dengan Pj. Bupati Nukman, Sahyana pun berharap penyelenggaraan Pilkada di Lampung Barat mendatang dapat berjalan lancar, aman, damai, sejuk, dan kondusif.

Dirinya juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersinergi demi menjaga toleransi dan kerukunan antarumat beragama di tengah proses politik yang sedang berlangsung guna membangun kultur umat beragama dalam memberikan pemahamanan tentang kerja sama untuk menciptakan suasana yang sejuk selama tahapan sampai dengan pelaksanaan pilkada serentak mendatang.