Guna memastikan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024 aman, damai dan kondusif, Asisten II bidang perekonomian dan pembangunan Wasisno Sembiring mengikuti rakor lintas sektoral OPS mantap praja krakatau dalam rangka pengamanan Pilkada serentak di Kabupaten Lampung Barat.

Rakor dipimpin oleh kapolres Lampung Barat AKBP Rinaldo Aser, S.H., S.I.K., M.Si di aula Rupatama Tratisarawirya polres setempat, Senin 26/8/2024 .Diikuti ketua DPRD Lampung Barat Sri Nurwijayati, ketua Lampung Barat KPU Arip Sah dan perwakilan Kejaksaan.

Dalam arahannya Kapolres Lampung Barat menyampaikan menghadapi kegiatan Pilkada serentak yang akan dilaksanakan pada bulan November “perlu diketahui bahwa tahun 2024 adalah tahun politik untuk yang pertama kalinya Pilkada dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia secara nasional,” jelasnya.

Meskipun setiap lima tahun sekali, atau sebelumnya, pernah melaksanakan pengamanan Pilkada, dikatannya untuk kali ini adalah yang pertama dalam skala nasional.

Oleh karena itu, menurutnya rapat koordinasi lintas sektoral sangat penting untuk dilakukan.

“Ini merupakan kelanjutan dari apa yang telah dilakukan di tingkat provinsi dan Polda sebelumnya,” tuturnya.

Ia menjelaskan rapat tersebut bertujuan untuk mempersiapkan pengamanan Pilkada 2024 di Lampung Barat.

“Termasuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur,” ungkapnya.

Dikatakannya, untuk mewujudkan penyelenggaraan Pilkada yang aman, damai dan kondusif pentingnya sinergiritas lintas sektoral.

Sementara, Wasisno Sembiring menekankan peran vital Pemerintah Daerah dalam penyediaan dana Pilkada dan pemutakhiran data pemilih.

“Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Barat dalam hal ini memberikan dana hibah slah satunya kepada Polres Lampung Barat. Jika memang belum tersalurkan maka segera lakukan koordinasi kepada pihak Kesbangpol, syukur-syukur jika memang sudah,” terangnya.

Sebab, kata dia pentingnya sinergi antar instansi untuk menjamin kelancaran dan keamanan proses Pilkada mendatang.

“Kita harus bekerja sama secara efektif untuk memastikan bahwa Pilkada berjalan lancar, aman bagi seluruh masyarakat,” kata dia.

Dengan komitmen bersama, diharapkan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati di Lampung Barat dapat berlangsung dengan sukses sesuai dengan harapan masyarakat.

Wasisno mengingatkan jangan sampai ada ruang bagi pihak-pihak tertentu untuk merusak proses demokrasi yang akan terselenggara di bulan November mendatang.

“Bagi pihak yang tidak bertanggungjawab yang ingin mengganggu jalannya Pilkada, baik melalui kekerasan, intimidasi, maupun tindakan lainnya yang dapat merusak proses pilkada, proses demokrasi yang ada di Indonesia ataupun di Provinsi Lampung,” tutupnya.