Sebanyak 50 Anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang terdiri dari 26 Pria dan 24 Wanita dikukuhkan Pj. Bupati Lampung Barat Drs. Nukman, MM., di Lamban Gedung Pancasila, Kelurahan Way Mengaku, Kecamatan Balik Bukit pada Kamis (15/8) malam.

Sebelum dikukuhkan, 50 Anggota Paskibraka yang berasal dari perwakilan sekolah tingkat SMA/SMK/MA se-Kabupaten Lampung Barat itu telah menjalani karantina di Wisma Sinda Lapai, berlokasi di Kelurahan Pasar Liwa, Kecamatan Balik Bukit sejak 2 Agustus Kemarin dan akan bertugas pada upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) tepat pada 17 Agustus tahun 2024 mendatang.

Dalam masa karantina, Anggota Paskibraka ini dilatih dan dibina langsung oleh sejumlah jajaran Anggota TNI-Polri dari Kodim 0423/LB dan Polres Lampung Barat serta dari Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Lampung Barat.

Selaku kepala daerah kabupaten Lampung Barat, Pj. Bupati Nukman mengucapkan selamat kepada para Anggota Paskibraka yang terpilih dalam seleksi Paskibraka.

“Atas nama pribadi, masyarakat dan pemerintah daerah, saya menyampaikan selamat kepada adinda semua yang telah diberikan amanah dan kehormatan sebagai Anggota Paskibraka Hari Ulang Tahun ke-79 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia,” ungkap Pj. Bupati Nukman.

Pj. Bupati Nukman meminta para Anggota Paskibraka yang telah dikukuhkan agar menjaga jiwa nasionalisme, patriotisme, kepeloporan, serta kepemimpinan yang telah terbentuk dan dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

‘Sebagai putra-putri Indonesia terpilih, kalian harus mampu memberikan energi positif bagi generasi muda lainnya serta masyarakat,” harapnya.

Selain itu, Pj. Bupati Nukman juga mengucapkan terima kasih kepada para orang tua Anggota Paskibraka yang tengah hadir pada malam pengukuhan tersebut.

“Saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh orang tua Anggota Paskibraka yang telah mendorong dan memotivasi anak-anaknya dalam mengemban amanah sebagai Anggota Paskibraka,” ucapnya.

Tidak lupa, Pj. Bupati Nukman juga mengucapkan terima kasih kepada para pembina, pembimbing, pelatih, dan panitia Paskibraka yang telah memberikan bimbingan dalam proses pelatihan kepada Anggota Paskibraka.

“Saya juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya atas segala jerih payah serta kesabaran dalam membimbing putra/putri terbaik Lampung Barat untuk menjadi Anggota Paskibraka tahun 2024 ini,” pungkasnya.