Event Festival Budaya Sekala Bekhak ke X tahun 2024 resmi ditutup Pj Bupati Lampung Barat Drs. Nukman M.M ditandai dengan pemukulan gamulan pering di Lapangan Merdeka Kelurahan Pasar Liwa Kecamatan Balik Bukit, Selasa (23/07) malam.

Seperti diketahui, Event Festival Budaya Sekala Bekhak ke X digelar Pemerintah Kabupaten Lampung Barat melalui Dinas Kepemudaan olahraga dan Pariwisata (Disporapar) dari tanggal 21 hingga 23 Juli 2024. Mendapat sertifikat penghargaan110 evet terpilih Karisma Event nusantara dari Kementrian Pariwisata dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Dalam sambutannya, Nukman menyampaikan apresiasi kepada Disfora Lampung Barat yang telah menggelar kegiatan tahunan Pemerintah Kabupaten Lampung Barat.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Lampung Barat saya menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Disfora yang telah mengaharumkan Lampung Barat di kancah Nasional,” ungkapnya.

“Selain itu, sudah meningkatkan seni dan budaya di Bumi Sekala Bekhak yang hampir hilang ditengah arus zaman moderenisasi,” sambungnya.

Ia juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Kementrian Pariwisata dan Kebudayaan Republik Indonesia, pasalnya perhelatan Festival Sekala Bekhak tahun 2024 sudah yang keempat kalinya masuk dalam Karisma Event Nusantara (KEN).

“Keberhasilan ini tidak terlepas dari hasil kolaborasi seluruh stacholder. Mari kita saling bahu membahu untuk menggali potensi yang ada di Lampung Barat guna meningkatkan wisatawan,” ungkapnya.

Ia mengucapkan terimakasih kepada lapisan masyarakat yang sudah mengikuti rangkaian perlombaan pada perhelatan Festival Sekala Bekhak ke X.

“Juara bukan dijakan tujuan pokok tetapi mengikuti perlombaan merupakan salah upaya untuk melestarikan budaya asli Lampung Barat,” jelasnya.

Sementara, Sekdep bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan Event Kementrian Ri Ni komang Ayu Nastisi mengapresiasi perhelatan Festival Budaya Sekala Bekhak pasalnya sudah empat kali berturut-turut lolos menjadi KEN.

Ia berharap dengan digelarnya perhelatan Festival Sekala Bekhak tersebut dapat meningkatakan pergerakan wisatawan dari mancanegara ke Lampung Barat.

“Selain itu, dapat meningkatkan pendapatan para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM),” jelasnya.

Pihaknya meminta kepada Pemerintah Kabupaten Lampung Barat untuk terus berkomitmen menjalin kolaborasi kepada seluruh stacholder sehingga dapat meningkatkan inovasi dan kreasi baru.

Sebab menurutnya, Lampung Barat memiliki kekayaan budaya khas yang bersejarah masa lalu.

“Kita harus dapat melihat peluang-peluang budaya yang ada di Lampung Barat untuk terus digali, pelajari dan dilestarikan,” harapnya.