Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo tiba di Kabupaten Lampung Barat mendarat di Helipad Stadion Bumi Sekala Bekhak sekitar pukul 08.30 WIB dengan mengendarai Helikopter Super Puma TNI AU, Jumat (12/7/2024).
Kehadiran Presiden Jokowi disambut Bupati Lampung Barat Nukman, Dandim 0422/Lampung Barat Letkol Inf. Rinto Wijaya, dan Kapolres Lampung Barat AKBP Ryky Widya Muharam.
Dalam kunjungan kerjanya di Kabupaten Lampung Barat, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Alimuddin Umar Liwa yang berlokasi di Pekon (Desa) Kubu Perahu, Kecamatan Balik Bukit.
Di sepanjang jalan, mulai dari bundaran Tugu Ara titik nol Kota Liwa menuju RSUD Alimuddin Umar yang berjarak 750 M, tampak dipadati masyarakat yang menyaksikan langsung kehadiran Presiden Jokowi di bumi beguai jejama sai betik.
Ratusan masyarakat dari berbagai instansi pun tampak bersorak ramai saat kendaraan RI 1 Indonesia yang dikendarai Presiden Jokowi memasuki area RSUD Alimuddin Umar.
Kehadiran Presiden Jokowi di RSUD Alimuddin Umar Liwa sekitar pukul 09:00 WIB yang dikawal para Pasukan Pengamanan Presiden (Paspamapres) dan didampingi Menteri Perdagangan (Mendag) Republik Indonesia (RI) Dr. H. Zulkifli Hasan, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, dan Pj. Gubernur Lampung Samsudin.
Di RSUD Alimuddin Umar, Presiden Jokowi meninjau fasilitas pelayanan BPJS Kesehatan dan kemudian berjalan melingkar menyusuri lorong di RSUD Alimuddin Umar.
Presiden Jokowi menyampaikan mengenai belum adanya alat kesehatan Alkes canggih di RSUD Alimuddin Umar, Presiden meminta agar Pemda Lampung Barat menyiapkan ruangan untuk Alkes tersebut.
“Siapkan dulu ruangannya, ruangannya harus siap. Pemda harus menyiapkan itu,” ujarnya.
“Semua rumah sakit yang saya kunjungi sudah saya sampaikan seperti di CT Scan, mammografi, dan alat modern lainnya, nanti alatnya akan kita kirim dari Menteri Kesehatan,” tambahnya.
Sekira kurang lebih dalam waktu 30 menit kunjungannya di RSUD Alimuddin Umar, Presiden Jokowi dan romongan kembali melanjutkan perjalanan menuju perkebunan kopi di Kecamatan Batu Brak pada pukul 09:30 WIB.