Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (Hut) ke-78 Republik Indonesia (Ri), Pemerintah Kabupaten Lampung Barat menggelar upacara kenaikan bendera merah putih dengan khidmat, bertempat di Lapangan Indrapati Cakranegara Pemkab Lambar, Kamis (17/08/2023).

Bertindak sebagai inspektur upacara Penjabat (Pj) Bupati Lampung Barat Drs. Nukman M.M. Turut dihadiri Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Dra. Zelda Naturi, Pj. Sekretaris Daerah (Sekda) Drs. Adi Utama, Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala Perangkat Daerah, Camat, Lurah, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Pejuang Veteran.

Pada peringatan HUT RI yang bertajuk “Terus Melaju Untuk Indonesia Maju” terlihat para peserta peserta undangan dengan mengenakan berbagai baju adat hingga seragam dari masing-masing organisasi tampak kondusif mengikuti rangkaian kegiatan dari awal hingga akhir, kendati trik matahari sangat menyengat.

Usai pelaksanaan pengibaran sang saka merah putih, rangkaian kegiatan dilanjutkan dengan ramah tamah antara Pemerintah Kabupaten Lampung Barat kepada legiun veteran Republik Indonesia di Lobby Kantor Bupati setempat. Yang turut dihadiri forkopimda.

Dalam sampaiannya, Pj. Bupati Lampung Barat menyampaikan rasa syukur sekaligus kebanggaan tersendiri bagi dirinya dapat bersilaturahmi kepada para pejuang bangsa dalam suasana peringatan Hut ke-78 Republik Indonesia.

” Kami atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Barat, dengan penuh ketulusan hati menyampaikan bahwa kebersamaan kita hari ini benar-benar mengingatkan dan menggugah kita untuk menyadari betapa pentingnya untuk meneladani nilai kejuangan serta jiwa kerelaan berkorban yang telah ditunjukkan oleh para pejuang bangsa ini dalam meraih Kemerdekaan,” terangnya.

“Sehingga kita dapat membangun bangsa, daerah dan masyarakat seperti yang kita rasakan saat ini,” Sambungnya.

Dirinya mengatakan, peringatan hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia selain peringatan seremonial yang dilakukan secara rutin, juga merupakan sumber semangat, motivasi dan kekuatan bagi bangsa dalam mewujudkan cita-cita Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945.

“Persembahan dari pahlawan kita yang telah berjuang membela Negara kesatuan Republik Indonesia merupakan perjuangan yang tidak ternilai harganya bagi seluruh bangsa Indonesia,” Jelasnya.

Sebab, dikatakan Nukman perjuangan zaman dahulu dengan saat ini sangat berbeda. Jika perjuangan zaman dahulu mempertaruhkan nyawa untuk menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesi (NKRI).
Sedangkan sekarang perjuangan generasi penerus adalah dengan mengisi kemerdekaan untuk kesejahteraan rakyat.

Dirinya mengajak seluruh lapisan masyarat khususnya Lampung Barat, agar semangat patriotisme terus ditanamkan dalam diri untuk mengenang jasa-jasa pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia.

“Kami akan terus bekerja keras, sebagaimana yang telah dilakukan oleh para pejuang, yakni dengan memberikan pelayanan yang terbaik untuk kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

“Kami atas nama Pemerintah Daerah memberikan penghormatan setinggi-tingginya kepada para pejuang veteran yang telah berjuang menjaga tanah air hingga bisa mencapai kemerdekaan. Sebagai generasi penerus, kami akan terus memberikan penghormatan kepada para pejuang yang telah gugur membela tanah air dengan mempertaruhkan segalanya untuk tanah air tercinta ini,” ucapnya.

Terakhir, ia menyampaikan ucapan terimakasih setinggi-tingginya kepada pejuang Kemerdekaan Republik Indonesia. “Semoga Allah Swt senantiasa memberikan kekuatan dan bimbingannya kepada kita semua, sehingga kita akan mampu menjalankan pengabdian dan perjuangan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang lebih baik lagi,” pungkasnya.

Sebagai rangkain terakhir, Pj. Bupati Lampung Barat dan jajaran bersama Forkopimda melakukan upacara kehormatan dan ziarah Nasional tabur bunga di taman makam pahlawan Liwa Pekon Kubu Perahu Kecamatan Balik Bukit.

Upacara kehormatan tersebut dilakukan sebagai bentuk penghormatan kepada arwah para pahwan terdahulu yang telah wafat. Bertindak selaku inspektur upacara Kepolres Lampung Barat AKBP Heri Sugeng Priyantho,S.IK.,MH.