Penjabat (Pj) Bupati Lampung Barat, Drs. Nukman, MM., menghadiri secara langsung pembukaan Lampung Craft yang digelar dan dipusatkan di Gedung Graha Wangsa Lampung, Jl. Yos Sudarso No.272, Sukaraja, Kec. Bumi Waras, Kota Bandar Lampung, Selasa (6/6/2023).

Pj. Bupati Lampung Barat Drs. Nukman mengatakan, Lampung Craft merupakan wahana pameran kerajinan terbesar dan terlengkap di Lampung yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Lampung sejak tahun 2020 lalu hingga saat ini.

“Lampung Craft tahun 2023 ini dibuka langsung oleh Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi dan dihadiri Bupati/Walikota serta Ketua Dekranasda se-Provinsi Lampung yang mencakup 13 kabupaten dan 2 kota,” kata Nukman.

Pameran Lampung Craft yang telah dilaksanakan sejak tahun 2020 lalu hingga saat ini telah menjadi ajang pameran yang paling ditunggu oleh para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang mengisi pagelaran tersebut.

Pameran Lampung Craf ini akan berlangsung selama lima hari mulai tanggal 6 sampai dengan 10 Juni 2022 dengan tema “The Pepadun Harmony in diversity of Lampung Tengah”.

Sebagai icon Lampung Craf 2023 adalah Kabupaten Lampung Tengah, dengan warisan adat istiadatnya pepadun yang memberikan warna dan ciri khas tersendiri bagi penyelenggaraan Lampung Craf tahun ini.

“Perlu diketahui, pepadun merupakan simbol penghormatan dalam suku budaya Lampung yang ada di kabupaten Lampung Tengah,” ujar Nukman.

Kemudian, Ketua Dekranasda Provinsi Lampung, Riana Sari Arinal, dia menyatkan jika Dekranasda Provinsi Lampung akan terus melakukan inovasi dan ide baru untuk mengangkat karya UMKM ke kancah Nasional.

“Berbagai program kegiatan pun telah dilakukan, seperti adanya pelatihan atau bimtek kepada UMKM lokal Lampung yang bekerjasama dengan para desiner nasional,” ungkap Riana Sari Arinal.

Kiprah atau pencapaian tertinggi Dekranasda Provinsi Lampung adalah saat Lampung menjadi icon Kriyanusa yang diselenggarakan oleh Dekranas pusat pada tanggal 21 sampai 25 September 2022 lalu di Hall A Jakarta Convention Center (JCC).

Sementara itu, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengapresiasi atas terselenggaranya Lampung Craft yang sudah memasuki tahun keempat di tahun 2023 ini.

“Atas nama pemerintah Provinsi Lampung saya juga mengapresiasi atas terselenggaranya Lampung Craf yang keempat tahun 2023,” ucap Arinal.

Arinal mengatakan Lampung Craft menjadi ajang promosi untuk memperkenalkan kekayaan yang dimiliki Provinsi Lampung ke kancah Nasional hingga Internasional.

“Kita harus punya tekad bahwa, agar kita tidak hanya melakukan kegiatan-kegiatan bersifat kerajinan-kerajinan tradisi, tetapi kita harus lebih dari itu,” ujarnya.

Arinal juga menyampaikan jika Lampung Craf sebagai ajang promosi kerajinan yang terbesar dan terlengkap di Provinsi Lampung, tujuannya ialah untuk mendorong pembangunan ekonomi kreatif sekaligus untuk menjaga dan mengembangkan adat istiadat yang ada korelasinya dengan pakaian sebagai warisan budaya Lampung.

“Lampung ini lengkap. Ada bahasanya, bahasa Lampung. Ada tulisannya, tulisan Lampung. Ada pakaiannya, pakaian Lampung,” pungkasnya.