Bupati Lampung Barat yang akrab disapa Pakcik Parosil Mabsus Lahir di Purawiwitan 12 Maret 1974 Beliau mengenyam Pendidikan Perguruan Tinggi di Bandar Lampung, Pakcik meraih Gelar Sarjana di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung (1999).

Selain itu,  Pakcik menerima Penghargaan dari Gubernur Lampung Arinal Djunaidi sebagai Kabupaten terbaik yang mendukung Program Satu Rekening Satu Pelajar (KEJAR) tahun 2021. Parosil Mabsus menerima secara langsung Penghargaan sebagai Kabupaten Terinovatif dalam Gelaran Innovative Government Award (IGA) tahun 2020 yang diadakan Kementerian Dalam Negeri melalui Badan Penelitain dan Pengembangan. Peraih Penghargaan Paripurna Bintang 5 (lima) Akreditasi Rumah Sakit Tingkat Nasional melalui Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Alimuddin Umar, terbaik 3 Tingkat Nasional filosofi Kampung Kopi jago di Yogyakarta tahun 2018 atas nama Jamaludin. Asal Kecamatan Gedung Surian melalui Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Lampung Barat. Peringkat Umum Tingkat Nasional Ikatan Pencak Silat Indonesia pada National Open Lampung Pencak Silat Champion Ship Tahun 2018 melalui Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Lampung Barat.

Pakcik menikah dengan Partinia Shaka yang juga bergelar Master dari Kampus Sang Bumi Rua Jurai Bandar Lampung dan dikaruniai 3 (tiga) orang anak.

Sebagai Akademis Pakcik mengawali karirnya sebagai seorang Guru Honorer di akhir tahun 1999 dan tercatat sebagai Guru pada SMP 2 Sumber Jaya  Pakcik kemudian diterima sebagai Guru Kontrak dengan gaji sekitar Rp. 350.000,00 Pada Tahun 2002 dan ditugaskan Mengajar di SMA Negeri 1 Lemong Lampung Barat. Pakcik melanjutkan karirnya di Bidang Politik  juga mendaftar sebagai Calon Anggota DPRD Lampung Barat pada tahun 2004, Pada Pemilihan Umum tahun 2017 Pakcik mendaftarkan diri Sebagai Calon Bupati dengan didampingi Mad Hasanudin Pasangan ini Mengusung Lampung Barat Hebat berdasarkan hitungan Parosil juga memenangkan Pilkada tahun 2017 dan menunjukkan Keunggulannya.