Penjabat (Pj) Bupati Lampung Barat Drs. Nukman M.M menghadiri pembukaan Lomba Sekolah Sehat (LSS) usaha kesehatan sekolah TK, SD dan MTS tingkat Provinsi Lampung Tahun 2024 di Kabupaten Lampung Barat, Selasa (27/08).

Ditetapkan tiga sekolah di Lampung Barat yang mengikuti LSS yakni MTsN 1 Lampung Barat Balik Bukit, SDN 3 Way Mengaku Balik Bukit dan TKN 1 Way Mengaku Balik Bukit. Menghadirkan tim penilai UKS Provinsi Lampung diketuai oleh Darsani, SH.

Dalam sambutan Pj Bupati Nukman di sekolah MTsN 1 Lampung Barat menjelaskan dalam program UKS pelayanan kesehatan lebih di fokuskan pada upaya promotif dan preventif yang dilakukan di sekolah dengan bantuan teknis guru penjaskes, UKS dan kader kesehatan remaja.

“Selain itu perlu dukungan oleh manajemen UKS secara terpadu untuk mengintegrasikan kegiatan program lintas sektor terkait melalui upaya pembinaan UKS oleh tim.
pembina secara berjenjang sampai ke tim pelaksana di sekolah,” terangnya.

Menurutnya, upaya peningkatan kualitas jasmani dan rohani sebagai bagian integral dari peningkataan kualitas manusia yang harus dilakukan melalui proses pendidikan dan pembudayaan. Dari proses pendidikan dan pembudayaan tersebut diharapkan akan timbul sikap dan kesadaran setiap individu untuk selalu berperilaku hidup sehat dan aktif yang selanjutnya menjadi kebiasaan dan kebutuhan dalam kehidupan sehari-hari.

“Kami menyambut baik dan senang hati dengan dilaksanakannya lomba sekolah sehat ini, karena melalui kegiatan ini dapat memotivasi di sekolahsekolah dalam melaksanakan program UKS. Kegiatan ini, merupakan momentum yang tepat, untuk kita jadikan penguatan komitmen yang solid serta hubungan kemitraan yang lebih harmonis antar dinas instansi terkait dalam melakukan percepatan pembangunan sumber daya manusia sejak dini,” ucapnya.

Ditempat yang sama, kepala Sekopah MTsN 1 Lampung Barat Desi Arisandi, S.Pd., M.Pd berharap dengan adanya kegiatan lomba LSS tersebut dirinya berharap siswa-siswi ke depannya menerapkan kebiasan hidup bersih sehingga sehat.

“Meskipun sekolah kami berada cukup jauh dari Provinsi namun kami berkomimen untuk selalu mengutamakan pendidikan kecerdasan iman dan intelegtual sehingga tidak ketertinggalan dari sekolah-sekolah di perkotaan memilki prestasi,” ungkapnya.

Sementra, ketua tim penilai LSS Darsani, SH mengatakan lomba sekolah merupakan salah satu upaya penting dalam rangka pembinaan dan mengevaluasi sejauh mana serta apa yang telah kita lakukan khususnya di dalam program usaha kesehatan sekolah/madrasah (UKS/M) dapat terlaksana dengan sebaik-baiknya dan berdampak positif terhadap anak didik.

“Dalam rangka pengembangan kualitas sember daya manusia seutuhnya dan sebagai aksi nyata gerakan sekolah sehat di Provinsi Lampung,” ucapnya.

Darsani pun menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada tim pembina usaha kesehatan sekolah ingkat Kabupaten/kota, Kecamatan dan tim pelaksana UKS/M disekolah serta seluruh forum yang terkait, khususnya Kabupaten Lampung Barat atas terselenggaranya kegiatan penilaian tersebut.