Pj. Bupati Lampung Barat Drs. Nukman, MM., menghadiri sekaligus menjadi pembina Apel Besar Hari Pramuka Perkemahan Wirakarya Cabang Lampung Barat Tahun 2024 yang diselenggarakan di Lapangan Sanayudha Kelurahan Pajar Bulan, Kecamatan Way Tenong, Senin (26/8).

Apel besar pramuka itu dalam rangka memperingati Hari Pramuka ke-63 Tahun 2024 yang digelar selama lima hari, terhitung sejak tanggal 22 hingga 26 Agustus dan diikuti perserta dari perwakilan seluruh Kwartir Ranting (Kwarran) atau pramuka tingkat kecamatan se-Kabupaten Lampung Barat.

Di kesempatan tersebut, Pj. Bupati Nukman yang juga selaku ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Lampung Barat melakukan penyematan tanda Pramuka Garuda dan menyerahkan Piagam Peran Saka kepada sejumlah anggota pramuka.

Penyematan Pramuka Garuda yang berbentuk kalung merah putih dengan bandul garuda serta penyerahan piagam itu ditujukan untuk mengingatkan para anggota agar meningkatkan kecakapan dan keterampilan, sikap, dan tindakannya dalam pramuka.

“Hal ini dengan harapan agar mereka dapat menjadi tenaga pembangunan bangsa dan negara,” kata Nukman saat memberi arahan pada Apel Besar tersebut.

Perlu diketahui, kegiatan itu sebagai langkah penjariangan peserta pramuka untuk persiapan mengikuti perkemahan Wira Karya Tingkat Kwartir Daerah Lampung yang akan diselenggarakan September mendatang.

Perkemahan Wira Karya ini menegambil tema “Pramuka Berjiwa Pancasila Menjaga NKRI” yang tujuannya memberikan pendidikan life skill, soft skill, hard skill serta dilengkapi dengana kecerdasan sososif, yaitu kecerdasan spiritual, emosional, sosial, dan fisik yang sehat.

Nukman selaku Pj. Bupati sekaligus ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Lampung Barat, dia mengatakan tema tersebut sebagai wujud gerakan pramuka dalam menyongsong Indonesia emas tahun 2045 dengan mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul, berjiwa pancasila, dan selalu mengamalkan Trisatya Dasa Darma Pramuka.

“Oleh karena itu pramuka akan menjadi aktor penggerak dan pilar negara dalam menuju Indonesia emas pda tahun 2045,” ujarnya.

Tentunya, kata Nukman, upaya tersebut perlu membangun sinergi, kolaborasi, dan partnership serta komitmen, konsisten maupun konsekwen dari para anggota pramuka.

“Sebab tujuan kegiatan pramuka itu sendiri sangatlah mulia, yaitu untuk mendidik generasi muda penerus bangsa in,” ungkap Nukman.

Dengan begitu, lanjut Nukman, maka akan diperoleh suatu anggota yang memiliki moral, mental, dan budi pekerti yang luhur serta bijaksana.

“Selain itu, juga akana menjadikan manusia yang memiliki jiwa pancasila, beriman, bertaqwa, setia pada pancasila, dan undang-undang dasar 1945 serta akan selalu menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” pungkasnya.

Sebagai informasi, apel tersebut turut dihadii Anggota DPRD Lampung Barat, Kepala Pengadilan Negeri Lampung Barat, Sekda, Assisten, kepala Perangkat Daerah Lampung Barat serta para Camat, lurah dan peratin lengkap mengenakan seragam lengkap pramuka.