Penjabat (Pj) Bupati Lampung Barat Drs. Nukman M.M menghadiri pelantikan 35 Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lampung Barat masa jabatan 2024-2029 dalam rapat paripurna yang berlangsung di ruang Sidang Makhghasana DPRD Kabupaten Lampung Barat, Senin 19 Agustus 2024.
Presmian pengangkatan anggota DPRD Kabupaten Lampung Barat masa jabatan 2024-2029 berdasarakan Surat Keputusan (SK) Pj. Gubernur Lampung nomor : 489/B.01/HK/2024 tgl 14 agustus 2024 tentang nama daftar nama DPRD Kabupaten Lampung Barat masa jabatan tahun 2024-2029.
Pengambilan sumpah janji jabatan dipandu langsung oleh ketua Pengadilan Negeri (PN) Liwa Awaluddin Hendra Aprilana , SH,. S.Sos. Turut disaksikan Forkopimda, Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Drs. Adi Utama, ketau TP PKK Lampung Barat Dra. Zelda Naturi Nukman, Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala Perangkat Daerah, Camat, Peratin, Instansi Vercal.
Diketahui, Sri Nurwijayanti, S.Si menjadi ketua DPRD sementara menggantikan Edi Novial, S.Kom yang sebelumnya menjabat sebagai ketua DPRD Kabupaten Lampung Barat masa jabatan tahun 2019-2024.
Sri Nurwijayati dalam kesempatan itu mengajak jajaran ke depannya untuk dapat menjalankan tugas dan pungsi sebagaimana mestinya yakani sebagai wakil rakyat.
“Kita sebagai wakil rakyat Lampung Barat harus saling mendukung, mengingatkan dan melindungi satu sama lain dalam membangun Lampung Barat,” kata dia.
Ia menyatakan kebanggaannya mendapat rekomendasi dari pihak partainya menjadi ketua sementara DPRD Kabupaten Lampung Barat, pasalnya dirinya merupakan wanita yang pertama kalinya menduduki jabatan sebagai ketua DPRD Lampung Barat.
“Hari ini adalah tonggak sejarah bagi Kabupaten Lampung Bara. ketua DPRD nya adalah seorang wanita. Hal ini menunjukkan bahwa kualitas demokrasi di Lampung Barat semakin maju, kesetaraan gender semakin baik karena tidak ada demokrasi tanpa adanya kesetaraan gender,” tuturnya.
Sementara Pj. Bupati Lampung Barat dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada anggota DPRD Kabupaten Lampung Barat yang baru saja dilantik.
Dengan dilantiknya 35 anggota DPRD kabupaten Lampung Barat, Nukman berharap ke depannya dapat memperkuat peran legislatif dalam penyelenggaraan Pemerintahan Daerah.
“Dengan diambilnya sumpah jabatan maka dari hari ini saudara resmi menjadi anggota DPRD Kabupaten Lampung Barat masa kerja 2024-2029. Saya berharap ke depannya dapat menambah peran legislatif dalam penyelenggaraan Pemerintah Daerah,” harap Nukman.
“Semoga saudara dapat mengemban amanah yang telah disandarkan oleh lapisan masyarakat Lampung Barat pada diri saudara semua,” lanjutnya.
Selain itu, lanjutnya, Nukman berharap kerjasama selama selama ini yang telah terjalin antara eksekutif dan legislatif di Lampung Barat ke depannya akan semakin baik.
Dirinya pun menekankan kepada seluruh anggota DPRD yang telah dilantik agar ke depannya dapat menjalankan tugas dan peran sesuai dengan poksi sebagai perwakilan rakyat, diantaranya menjaring aspirasi masyarakat.
“Dengan hadirnya anggota DPRD yang baru, saya berharap ke depannya dapat membawa aspirasi masyarakat sesuai amanat rakyat dengan dilandasi tekad dan semangat untuk bersama-sama mensejahterakan masyarakat dan memajukan daerah yang sama-sama kita cintai ini,” pungkasnya.
Berikut daftar nama anggota DPRD yang resmi pengangkatannya sebagai DPRD Kabupaten Lampung Barat 2024-2029.
1. Feri Shaputra Partai Kebangkitan Bangsa Dapil l.
2. Erwansyah, SH, Partai Gerakan Indonesia Raya Dapil.
3. Bambang Duwi Saputra, SH Partai PDI Perjuangan dapi 1.
4. Sumyati Partai PDI Perjuangan Dapil 1.
5. Syukur Partai Golongan Karya Dapil 1.
6. Bambang Kusmanto Partai Nasional Demokrat Dapil 1.
7. Nopiyadi, S.Ip, Partai Keadilan Sejahtera Dapil 1.
8. Drs. Nusyirwan Partai Amanat Nasional dapil 1.
9. Heri Gunawan, St, Partai Demokrat Dapil 1.
10. Ahmad Ali Akbar, SH Partai PDI Perjuangan Dapil 2.
11. Ismetliza Partai PDI Perjuangan dapil 2.
12. Bahrinayub, SH Partai Golongan Karya Dapil 2.
13. Herpin Partai Amanat Nasional Dapil 2.
14. Mawardi Partai Demokrat Dapil 2.
15. Jafar Sodiq, M.Si Partai Kebangkitan Bangsa Dapil 3.
16. Untung Partai Gerakan Indonesia Raya Dapil 3.
17. Sumarmin, Sp PDI Perjuangan Dapil 3. 18. Tribudi Wahyuni PDI Perjuangan Dapil 3.
19. Yogi Mandala Putra, M.Pd PDI Perjuangan Dapil 3.
20. Saiful Abadi Partai Golongan Karya Dapil 3.
21. Hi. Harun Roni, S.Pd partai Keadilan Sejahtera Dapil 3.
22. Hi. Sutikno Partai Demokrat Dapil 3.
23. Ali Mustaqim Partai Kebangkitan Bangsa Dapil 4.
24. Sri Nurwijayanti,.S.S PDI Perjuangan Dapil 4.
25. Edi Novial, S.Kom PDI Perjuangan Dapil 4.
26. Af. Yogi Amijaya, MH PDI Perjuangan dapil 4.
27. Prayitno Partai PDI Perjuangan Dapil 4.
28. Tomi Ardi, SH Partai Golongan Karya Dapil 4.
29. Rovie Komsen, S.Pd Partai Keadilan Sejahtera dapil 4.
30. Hi. Juhartono, S.Sos Partai Demokrat dapil 4.
31. B. Donny Kurniawan, St Partai Kebangkitan Bangsa Dapil 5.
32. Sugeng Hari Kinaryo Adi PDI Perjuangan Dapil 5.
33. Sarwani Partai PDI Perjuangan Dapil 5.
34. Mistiana Partai PDI Perjuangan Dapil 5.
35. Dnarianti, Amd Keb Partai Demokrat dapil 5.