Perhelatan Festival Budaya Sekala Bekhak ke 10 yang digelar Pemerintah Kabupaten Lampung Barat diharapkan menjadi sebagai ajang promosi budaya asli Bumi Sekala Bekhak.

Harapan itu disampaikan Pj Bupati Lampung Barat Drs. Nukman M.M melalui Asisten III bidang administrasi umum Drs. Ismet Inoni M.M saat membuka perhelatan Festival Sekala Bekhak ke 10 yang berlangsung di Lapangan Merdeka Kelurahan Pasar Liwa Kecamatan Balik Bukit, Minggu 21 Juli 2024.

“Festival Budaya Sekala Bekhak merupakan ajang tahunan Pemerintah Kabupaten Lampung Barat sebagai salah satu wujud misi Kabupaten Lampung Barat yaitu menjadikan kota Liwa sebagai kota budaya,” kata Ismet Inoni.

Dijelaskan Ismet Inoni rangkaian perhelatan Festival Budaya Sekala Bekhak menyajikan budaya asli Bumi Sekala Bekhak, hal itu dilakukan bertujuan untuk menggali, melestarikan dan memperomosikan seni budaya tradisi serta adat istiadat yang asli di Bumi Sekala Bekhak.

“Sehingga berdampak pada meningkatnya kunjungan wisatawan ke Lampung Barat dengan harapan berpengaruh besar terhadap peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat,” harapnya.

“Tahun ini kita mengakat tema “Sekura The Mask Of Nation, Seni Tradisi Masa Lalu, Masa Kini dan Masa Mendatang”.

“Kegiatan akan berlangsung dari tanggal 21 sampai dengan 23 Juli. Dengan menggelar perlombaan seni budaya asli Bumi Sekala Bekhak diantaranya, nyambai, orkes gambus, hadra, ngelemang, tari pesta sekura cakak buah dan lainnya,” terangnya.

Dirinya merasa bangga dengan semakin berkembngnya zaman moderen seperti saat ini, namun masyarakat Lampung Barat tetap dapat mempertahankan kebudayaan yang terwaris dari ratusan tahun silam bahkan masih terlestari, berkembang dan menjadi sajian aktraksi di Bumi Sekala Bekhak.

Udo Ismet (begitu sapaannya bagi Asisten bidang administrasi umum) menyampaikan rasa syukur sekaligus bangga, pasalnya perhelatan Festival Budaya Sekala Bekhak yang ke 10 ini merupakan yang ke empat kalinya masuk dalam Karisma Event Nusantara (KEN).

“Menjadi kebanggaan bagi kita semua Event Festival Budaya Sekala Bekhak yang ke 10 ini sudah yang keempat kalinya dari 2021 sampai dengan 2024 terpilih menjadi salah satu dari ratusan bahkan ribuan Event dalam 100 Event bermutu baik di Nusantara dalam program Karisma Event Nusantara yang ditetapkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia,” ungkapnya.

Ia berharap perhelatan Event Budaya Festival Sekala Bekhak dapat membangkitkan semangat masayarakat Lampung Barat dalam membangun Bumi Sekala Bekhak pasca pandemi covid-19.

“Berbagai bidang utamanya dari sektor Pariwisata, budaya dan ekonomi kreatif serta UMKM demi mewujudkan Lampung Barat yang lebih hebat,” pungkasnya