I’m Bupati Lampung Barat H. Parosil Mabsus yang juga selaku Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Lampung Barat, melakukan penutupan Futsal Turnamen Arlyn Cup 2022 yang diikuti 54 tim dari 15 kecamatan yang ada di Lampung Barat, Rabu (30/3/2022).

 

Pertandingan futsal ini dilaksanakan sejak hari Kamis tanggal 24 Maret 2022 sampai dengan Rabu 30 Maret 2022. Panitia menyiapkan hadiah sekitar lima juta rupiah dan doorprize persembahan dari PT Djarum, Toko Arlyne dan Bank BNI.

 

Penutupan Futsal Turnamen Arlyn Cup 2022 ini berlangsung di lapangan Kantor Kecamatan Batu Ketulis ditandai dengan tendangan bola ke arah gawang oleh Bupati Parosil Mabsus.

 

Acara itu turut dihadiri Wakil Bupati Lampung Barat Drs. Mad Hasnurin, Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Lampung Barat Munandar, Plt. Kepala Dinas Perhubungan Junaidi Jamsari, Camat Batu Ketulis Sri Handayani serta pihak Brand support dari PT Djarum dan Bank BNI Cabang Liwa.

 

Sebagai suport bagi para pemain, Parosil memberikan hadiah tambahan bagi club pemenang, untuk club juara pertama berjumlah Rp.1.000.000,-, sedangkan untuk juara dua, tiga dan empat berjumlah Rp.500.000,-.

 

Selain itu Parosil juga membagikan doorprize kepada para penonton yang dapat menjawab pertanyaan mengenai pitu program yang dicanangkan bersama Wakilnya Drs. Mas Hasnurin.

 

Tujuan diadakannya turnamen tersebut diharapkan dapat meningkatkan jalinan silaturahmi antar pemain official antar kecamatan dan meningkatkan antusiasme masyarakat untuk berolahraga, khususnya pada cabang futsal untuk melahirkan pemain-pemain baru yang profesional dan dapat berlaga pada turnamen besar pada tahap selanjutnya.

 

Di sisi lain, diadakannya kegiatan itu ialah untuk membangkitkan perekonomian masyarakat melalui pedagang-pedagang kecil yang terdampak Covid-19.

 

Selaku kepala daerah, Parosil pun mengatakan jika kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya menjalin silaturrahmi dan mencari bibit-bibit pemain unggul yang ada di Lampung Barat.

 

“Dengan penonton hari ini yang hadir, bagi para pemain berikan contoh permainan yang baik, kegiatan ini utamanya adalah untuk mencari bibit-bibit pemain yang ada di Kabupaten Lampung Barat,” ngkapnya.

 

Terselenggaranya acara tersebut, menurut Parosil, hal itu merupakan sebuah upaya membuka harapan baru bagi para Peratin termasuk Parosil selaku ketua KONI yang baru saja dipilih meakipun belum belum di lantik.

 

“Ternyata memang futsal ini sudah menjadi salah satu olahraga yang harus mendapatkan perhatian serius, karena memang antusias masyarakatnya tinggi,” jelasnya.

 

“Kemudian sarana pendukung dari kegiatan ini tidak terlalu besar dari segi anggaran, bayangkan saja dengan ukuran lapangan 20×10 sudah bisa dilaksanakan dengan semeriah ini,” sambungnya.

 

Selanjutnya Parosil menuturkan kegiatan itu bukan hanya sekedar olahraga, tetapi bagaimana menumbuh kembangkan dan membangkitkan Usaha Mikro dan Kecil Menengah (UMKM).

 

“Disadari atau tidak disadari, kehadiran para pedagang ini untuk menambah kemeriahan dari kegiatan ini,” tutur Parosil.

 

“Kegiatan ini mempunyai dampak positif bagi para pedagang. Jadi memang, ada sebuah kolaborasi kerjasama antara pedagang, pemain, penyelenggara dan penonton,” tambahnya.

 

Terakhir, Parosil mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada kepada para pendukung atas suksesnya acara tersebut.

 

“Hari ini saya menyampaikan apresiasi terimakasih kepada pimpinan cabang BNI dan PT. Djarum, karena memang ini sebuah kerjasama antar pemuda, karang taruna dan organisasi-organisasi lain termasuk KONI dan Pemerintah,” ucapnya.

 

“Pada prinsipnya KONI sangat berterimakasih atas partisipasi dukungan dari temen-temen perbankan BNI dan PT. Djarum yang sudah memberikan Kontribusi dalam rangka memajukan olahraga dan mengolahragakan masyarakat,” pungkasnya.