• 0728-21345
  • 22 Oct 21 09:54 AM

Sambut HUT Lambar Ke-30, Bupati Parosil Paparkan Capaian Pitu Program yang Digalakkan

Dalam menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Lampung Barat yang ke-30, tepat pada 24 September 2021 besok, Bupati Lampung Barat Hi. Parosil Mabsus memaparkan capaian kinerjanya melalui 7 (Pitu) program yang Ia galakkan bersama wakilnya Drs. Mad Hasnurin yang terhitung sudah memasuki tahun keempat di masa kepemimpinannya.
Capaian pitu program itu ia sampaikan melalui pidatonya saat melakukan rapat paripurna bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lampung Barat (Lambar) dalam rangka menyambut HUT Kabupaten Lambar Ke-30 bertempat di ruang sidang Maghgasana DPRD setempat, Kamis (23/9/2021).
"Secara konsisten pembangunan daerah selalu mengacu pada prinsip-prinsip yang menekankan keseimbangan antara pertumbuhan, pemerataan dan keberlanjutan. Untuk itu pemerintah Kabupaten Lampung Barat akan terus berbenah diri agar lebih baik lagi dengan tetap berpegang kepada prioritas pembangunan yang diterjemahkan melalui pitu program," ungkapnya.
Diketahui, pitu program yang Ia galakkan diantaranya yakni;
1. Peningkatan infrastruktur mantap melalui pembangunan dan peningkatan jalan, jembatan, itigasi serta akses air minum aman dan sanitasi yang layak bagi masyarakat.
2. Penataan kota Liwa sebagai Kota Budaya melalui Sarana dan Prasarana kota yang Representatif seperti pembangunan gedung budaya, rehabilitasi masjid, penataan taman kota.
3. Semua bisa melanjutkan sekolah antara lain Seragam Gratis Bagi Siswa-siswi tidak mampu, pemberiaan penghargaan dengan memberikan Beasiswa bagi siswa-siswi yang berprestasi serta mengangkat Guru Honor menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak.
4. Program Pelayanan masyarakat sehat dengan Meningkatkan Sarana dan Prasarana Puskesmas dan Rumah Sakit Daerah, ambulans hebat serta jaminan pemeliharaan kesehatan penduduk miskin di luar quota, pelayanan pasien kurang mampu Jamkesmas atau JKN PBI.
5. Program Mensejahterakan petani antara lain melalui pembinaan pengelolaan alat produksi pertanian, stabilisasi harga kebutuhan bahan pokok, pengembangan lumbung pangan masyarakat.
6. Masyarakat berdaya saing dan peningkatan kinerja pelayanan publik dengan Memberdayakan Masyarakat melalui Rumah Produktif dan kreatif untuk menciptakan lapangan pekerjaan  serta menyediakan Pelayanan publik yang mudah, cepat, tepat, murah, gratis, dan transparan.
7. Program Peningkatan iman dan taqwa dialokasikan pagu antara lain melalui fasilitasi penyelenggaraan haji/umroh wisata rohani, penyebaran syiar agama.
Implementasi terhadap Pitu Program tersebut, Parosil mengatakan telah berdampak langsung terhadap beberapa Indikator makro di Kabupaten Lampung Barat, antara lain Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Pada tahun 2020 capaian IPM di Kabupaten Lampung Barat adalah 67,80 poin, capaian tersebut meningkat sebesar 0,3 point dibandingkan tahun 2019 sebesar 67,50 poin. Angka IPM Kabupaten Lampung Barat masih masuk dalam kategori sedang.
Namun, menurut Parosil, dengan adanya pandemi Covid-19 berdampak pada penurunan di sektor Ekonomi. Pada tahun 2020 pertumbuhan ekonomi Kabupaten Lampung Barat mengalami kontraksi sebesar -1,14%, turun signifikan dibandingkan dengan pertumbuhan ekonomi tahun sebelumnya yang mencapai 5,20%. Kontraksi ekonomi pada tahun 2020 dikarenakan pengaruh dari melemahnya sepuluh sektor lapangan usaha mengalami kontraksi yang dalam. Sedangkan untuk sektor pertanian kehutanan dan perikanan yang merupakan salah satu pilar utama dalam mendukung keberhasilan pembangunan di Kabupaten Lampung Barat hanya tumbuh sebesar 0,020 persen.
Sedangkan untuk tingkat pengangguran terbuka (TPT) pada tahun 2020 sebesar 2,13% atau sebesar 4.053 jiwa. Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang sebesar 1,66% maka jumlah pengangguran di kabupaten lampung barat mengalami kenaikan sebesar 0,47%.
Parosil menjelaskan, tahun 2020 merupakan masa sulit akibat merebaknya wabah covid-19, sehingga Ia mengajak kepada seluruh elemen masyarakat dan pimpinan serta anggota DPRD Lambar untuk dapat bekerjasama mengatasi hal tersebut.
"Kita semua menyadari tahun 2020 adalah masa yang sulit akibat pandemi covid-19. Tentunya tantangan tersebut tidak dapat diselesaikan sendiri, sehingga Saya mengajak kepada seluruh Elemen Masyarakat dan segenap pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Lampung Barat dapat bekerjasama dengan Pemerintah untuk mengatasi hal ini secara bersama-sama," jelasnya.
Dapat dibuktikan, terus Parosil, dengan kerja keras secara gotong royong yang selama ini telah terjalin, hal itu telah menghasilkan beberapa capaian prestasi, diantaranya;
1. Predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang ke-11 (sebelas) kali secara berturut-turut.
2. Penghargaan Pembangunan Daerah Tingkat Provinsi Empat Tahun (2018, 2019, 2020, 2021) secara berturut-turut dan Nominasi 19 Besar Tingkat Nasional pada tahun 2021.
3. Predikat SAKIP B Empat tahun Berturut-turut dan Urutan Satu Predikat SAKIP di Provinsi Lampung pada tahun 2018, 2019 dan 2020.
4. Kabupaten Layak Anak Tingkat Pratama dari Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.
5. Peringkat 6 Nasional Kategori Kabupaten dalam Inovasi Goverment Award (IGA) Tahun 2020 dari Kementerian Dalam Negeri RI;
6. Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2020 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.
7. Dan yang terbaru penghargaa  Nugra Jasa Darma Pustaloka 2021 dan Juara I Lomba Perpustakaan Desa Tingkat Nasional dari Perpustakaan Nasional RI, sebagai wujud dari salah satu 3 Komitmen Kabupaten Lampung Barat yaitu Kabupaten Literasi.
Mengakhiri pidatonya, Ia berharap peringatan hari jadi ke-30 Kabupaten Lampung Barat dapat menjadi titik tolak ukur sebuah perubahan.
"Saya berharap, peringatan hari jadi ke-30 Kabupaten Lampung Barat menjadi titik tolak ukurnya sebuah perubahan, berubah untuk menjadi lebih baik dan menjadi yang terbaik yang insya allah mengantarkan Kabupaten Lampung Barat Hebat dan Sejahtera," harapnya.
Sekadar diketahui, rapat paripurna tersebut dihadiri Wakil Bupati Lambar Drs. Mad Hasnurin, Ketua DPRD Lampung Barat Edi Novial, S.Kom., dan Anggota, Kapolres Lambar AKBP Hadi Saeful Rahman, Dandim 0422/LB Letkol Czi. Benni Setiawan, Sekda Lambar Akmal Abd. Nasir SH., Ketua TP-PKK Lambar Partinia Parosil Mabsus, Ketua GOW Lambar Hj. Gurti Komarawati Mad Hasnurin, Ketua DWP Lambar Irma Ika Putri Abd. Nasir, Kepala Kantor Kementerian Agama Lambar Maryan Hasan, S.Ag., M.Pd.I., Kepala Perangkat Daerah Lambar, seluruh Assiste Staf Ahli.
Selain itu, dihadiri pula secara virtual oleh seluruh Perangkat Daerah Lambar, 15 Camat dan 131 Peratin serta 5 Lurah yang ada di Lambar, Pimpinan Parpol, Organisasi Kemasyarakatan, Organisasi Pemuda, Organisasi Profesi, LSM, Tokoh Agama, Tokoh Adat dan Tokoh Masyarakat.

Info Terbaru

Agenda Kegiatan

Menghadiri perencanaan gerakan pangan mandiri

Hari/Tanggal : Selasa... (17 November 2020)

Menghadiri acara HKN, Peresmian gedung PSC

Hari/Tanggal : Kamis... (12 November 2020)

Persentasi Innovative Govermment Award

Hari/Tanggal : Rabu... (04 November 2020)

Pembukaan Innovative Govermment Award

Hari/Tanggal : Rabu... (04 November 2020)

Menerima Time Audit BPK

... (02 November 2020)

Harga Sembako

No Nama Satuan Harga

Lokasi Strategis

Wisata Lumbok Seminung Lampung Barat

Lumbok Seminung, Kabupaten Lampung Barat, Lampung...

Danau Suoh Lampung Barat

Suka Marga, Suoh, Kabupaten Lampung Barat, Lampung...

Masjid Islamic Center Baitul Mukhlisin Lampung Barat

Jl. Lintas Liwa - Bandar Lampung, Sekuting, Pekon Watas, Watas, Balik Bukit,...

Kantorpos Liwa

Jl. Raden Intan, Pasar Liwa, Balik Bukit, Sukamenanti, Way Mengaku, Balik...

Masjid Baiturrahim, Lampung Barat

Way Mengaku, Balik Bukit Kabupaten Lampung Barat, Lampung...

Statistik Pengunjung

Pengunjung
Total Pengunjung : 1224433
Pengunjung Hari Ini : 806
Kemarin : 2426
Minggu Ini : 15913
Minggu Kemarin : 16817
Bulan Ini : 49662
Bulan Kemarin : 68918