• 0728-21345
  • 26 Sep 21 00:48 AM

Pemkab Lambar lakukan Silahturahmi dengan Ormas dan LSM di Sembilan Kecamatan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Barat (Lambar) melakukan silaturahmi dan pembinaan Organisasi Masyarakat(Ormas) dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Kabupaten Lambar Tahun 2021 di Aula Kagungan yang dipimpin Asissten Bidang Pemerintahan dan Kesra Drs. Adi Utama Mewakili Bupati Lampung Barat (Lambar) Hi. Parosil Mabsus, Rabu (15/9/2021).

Pembukaan forum silahturahmi dan pembinaan Ormas dan LSM itu diikuti oleh Perwakilan Kejari Lambar, Perwakilan Kapolres Lambar, Perwakilan Dandim 0422/LB dan peserta Ormas dan LSM dari sembilan (9) Kecamatan yang ada di Kabupaten Lambar yakni : Kecamatan Lombok seminung, Kecamatan Batu ketulis, Kecamatan Sumberjaya, Kecamatan Air Hitam, Kecamatan Belalau, Kecamatan Way Tenong, Kecamatan Kebun Tebu, Kecamatan Gedung Surian dan Kecamatan Sekincau.

Melalui Sambutannya Bupati Lambar Parosil Mabsus, Asisten Drs. Adi Utama menyampaikan bahwa pelaksanaan pembangunan daerah dan penyelenggaraan Pemerintah itu memiliki tujuan yang ingin dicapai yakni tata kelola pemerintah yang baik.

untuk mencapai hal tersebut terdapat tiga pilar yang harus dipenuhi yaitu masyarakat, pemerintah, dunia usaha/swasta, dan tokoh-tokoh perorangan atau privat, ketiga pilar tersebut bukan dalam posisi yang saling melemahkan, melainkan saling bersinergi dan memperkuat dengan peran dan kekusukan masing-masing.

"Pemerintah berusaha terus mendorong agar penyelenggaraan pemerintahan berjalan semakin baik hal ini dapat kita cermati dari berbagai peraturan perundangan yang terus digodok dan diluncurkan oleh Pemerintah Daerah," ucapnya.

Ia juga mengatakan bahwa cukup banyak Ormas dan LSM yang ada di lambar, kondisi ini tentunya sangat menggembirakan bagi kita apalagi pilar cipil society ini juga memberikan sumbangsihnya bagi pemberdayaan masyarakat dalam kerangka mengawal proses dan keberhasilan pembangunan, saya yakin dan percaya sesungguhnya masyarakat adalah pemilik sah pembangunan.

"tanpa masyarakat yang berperan aktif, tidak mungkin pembangunan dapat berjalan dengan baik, peran aktif masyarakat itu tentu harus dipahami dalam bentuk dukungan, dukungan itu bukan saja terbatas pada persetujuan dan partisipasi atas berbagai program pemerintah, akan tetapi dukungan itu juga dapat berupa saran atau kritik yang tajam sekalipun," tuturnya.

Menurutnya salah satu unsur penting penyampaian kritik konstruktif atau sosial kontrol adalah kemapuan kita dalam memahami berbagai persoalan pembangunan.

"saya berharap kalangan Ormas dan LSM yang ada di Lambar ini untuk terus berkiprah dengan menggugat berbagai persoalan yang kita hadapi didaerah ini dan dapat menjadi motor penggerak bagi terlaksananya suasa kondusif dalam pembangunan di Lambar, mari kita jaga dan pelihara suasana yang selama ini aman, tentram dan damai dibumi beguwai jejama sai betik ini," ungkapnya.

Perlu saya kemukakan disini Lanjut Asisten, bahwa eksistensi sebuah Ormas atau LSM akan diakui masyarakat jika mampu melakukan upaya-upya pemberdayaan dan penyadaran masyarakat dan berbagai kegiatan yang manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.

Terakhir Ia berharap melalui pembinaan tersebut dapat semakin menumbuh suburkan nilai-nilai kebersamaan dan saling menghormati satu sama lain, mengembangkan sikap toleransi, memantapkan persatuan dan kesatuan antar seluruh elemen masyarakat yang ada di Lambar ini.

Info Terbaru

Agenda Kegiatan

Menghadiri perencanaan gerakan pangan mandiri

Hari/Tanggal : Selasa... (17 November 2020)

Menghadiri acara HKN, Peresmian gedung PSC

Hari/Tanggal : Kamis... (12 November 2020)

Persentasi Innovative Govermment Award

Hari/Tanggal : Rabu... (04 November 2020)

Pembukaan Innovative Govermment Award

Hari/Tanggal : Rabu... (04 November 2020)

Menerima Time Audit BPK

... (02 November 2020)

Harga Sembako

No Nama Satuan Harga

Lokasi Strategis

Wisata Lumbok Seminung Lampung Barat

Lumbok Seminung, Kabupaten Lampung Barat, Lampung...

Danau Suoh Lampung Barat

Suka Marga, Suoh, Kabupaten Lampung Barat, Lampung...

Masjid Islamic Center Baitul Mukhlisin Lampung Barat

Jl. Lintas Liwa - Bandar Lampung, Sekuting, Pekon Watas, Watas, Balik Bukit,...

Kantorpos Liwa

Jl. Raden Intan, Pasar Liwa, Balik Bukit, Sukamenanti, Way Mengaku, Balik...

Masjid Baiturrahim, Lampung Barat

Way Mengaku, Balik Bukit Kabupaten Lampung Barat, Lampung...

Statistik Pengunjung

Pengunjung
Total Pengunjung : 1162797
Pengunjung Hari Ini : 76
Kemarin : 1665
Minggu Ini : 13234
Minggu Kemarin : 13518
Bulan Ini : 56944
Bulan Kemarin : 57942