• 0728-21345
  • 27 Sep 20 22:04 PM

Pelaksanaan Rapid Test Pelaku Perjalanan

Berdasarkan surat dari Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Nomor 443/1074/V.02.4/VI 2020 tanggal 5 Juni 2020 tentang Pemberitahuan Rapid Test di Dinas Kesehatan Kabupaten Kota, dan Surat Edaran Nomor 7 Tahun 2020 tanggal 6 Juni 2020 tentang Kriteria dan Persyaratan Perjalanan Orang Dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Menuju Masyarakat Produktif dan Aman Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) maka bersama ini diberitahukan untuk seluruh masyarakat pelaku perjalanan dari Kabupaten Lampung Barat dapat memperoleh Surat Keterangan Pemeriksaan dengan syarat terlampir. Untuk keterangan lebih lanjut dapat menghubungi,

Nama : Tika Megi Fitrianingsih, S Kep

Nomor telepon : 082180233424

Waktu : Senin-Kamis

Pukul : 08:30 - 15:00 WIB

 

Kemudian untuk tata tertib pelaksanaan rapid test Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Barat, Pelaksanaan Pemeriksaan Rapid Test hanya di peruntukkan kepada Pelaku Perjalanan melalui transportasi udara dengan hari pelaksanaan Senin s/d Kamis (hari kerja), Waktu Pendaftaran Pukul 08.00 s/d 09.00 WIB, Verifikasi berkas Pukul 09:00 s/d 10:00 WIB, Pelaksanaan Pukul 09:30 s/d 11:30 WIB, Tempat Pelaksanaan di Aula Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Barat dengan ketentuan :

1. Setiap Hari hanya melayani 5 (lima) Orang dan selama RDT masih ada.

2. Hanya melayani penduduk Lampung Barat dengan menunjukkan KTP elektronik.

3. Surat Keterangan ini hanya berlaku 3 (tiga) hari dari Surat di tandatangani.

4. Surat keterangan berlaku apabila di Tandatangi oleh Kepala Dinas Kesehatan dan Dokter Puskesmas serta di bubuhi cap Dinas Kesehatan.

 

Selanjutnya Pelaksanaan Pemeriksaan Bebas Gejala Seperti Influenza di peruntukkan kepada Pelaku Perjalanan melalui transportasi umum darat, perkeretaapian dan laut dengan hari pelaksanaan Senin s/d Rabu (hari kerja), Waktu Pendaftaran Pukul 08:00 s/d 09:00 WIB, Verifikasi berkas Pukul 09:00 s/d 10:00 WIB, Pelaksanaan Pukul 09:30 s/d 11:30 Wib bertempat di UPT Puskesmas Kabupaten Lampung Barat dengan ketentuan :

1. Setiap Hari hanya melayani 10 (sepuluh) Orang.

2. Hanya melayani penduduk Lampung Barat dengan menunjukkan KTP elektronik.

3. Surat Keterangan ini hanya berlaku 3 (tiga) hari dari Surat di tandatangani.

4. Surat keterangan berlaku apabila di Tandatangi oleh Kepala Puskesmas dan Dokter Puskesmas serta di bubuhi cap Puskesmas.

 

Kriteria dan Persyaratan Peserta Pelaku Perjalanan orang yang bekerja pada lembaga pemerintah atau swasta yang menyelenggarakan dengan melengkapi persyaratan :

1.Foto Copy Surat Tugas dari Atasan (minimal Pejabat Setingkat Eselon II) ASN, TNI dan Polri.

2. Fotokopi Surat Tugas Direksi/Kepala Kantor BUMN, BUMD, Organisasi Non Pemerintah dan Lembaga Usaha.

3. Fotocopi Surat Pernyataan di tandatangani diatas materai dan diketahui oleh Lurah/Kepala Desa setempat Non Pemerintah/Swasta.

4. Foto Copy KTP Lampung Barat/Tanda Pengenal lainnya yang sah.

 

Kemudian untuk perjalanan pasien yang membutuhkan pelayanan kesehatan darurat atau perjalanan anggota keluarga intinya (orang tua, suami/istri, anak, saudara kandung) sakit keras atau meninggal dunia dengan melengkapi persyaratan :

1. Foto Copy KTP Lampung Barat.

2. Fotokopi Surat Rujukan Pasien Surat Keterangan kematian dari Asal Almarhum/almarhumah.

 

Sedangkan untuk repatriasi Pekerja Migran Indonesia (PMI) Warga Negara Indonesia dan pelajar/mahasiswa asal Lampung Barat yang akan pergi ke lokasi kuliah, serta pemulangan orang dengan alasan khusus ke daerah asal sesuai dengan ketentuan yang berlaku dengan persyaratan melengkapi :

1. Foto Copy KTP.

2. Fotokopi surat keterangan dari Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BPPMI).

3. Surat keterangan dari Kampus/Sekolah tujuan.

4. Foto Copy surat keterangan dari Pemimpin Perusahaan Pemimpin Tempat Kerja yang menerangkan bahwa benar bekerja berkedudukan di Lampung Barat dan akan pulang kembali ke daerah asal.

5. Fotokopi surat keterangan dari lurah peratin yang menerangkan bahwa benar yang bersangkutan berkedudukan di Lampung Barat dan akan pulang kembali ke daerah asal.

 

Selain dari itu, Seluruh petugas dan peserta wajib mentaati protokol kesehatan COVID-19 sebagai berikut :

A. Petugas dan peserta wajib melaksanakan kegiatan social distancing dan physical distancing yaitu menjaga jarak minimal I meter dan tidak bersentuhan dengan orang lain

B. Peserta wajib menggunakan masker maka bagi yang tidak menggunakan masker TIDAK diperkenankan untuk mengikuti kegiatan

C. Peserta yang akan memasuki ruang pemeriksaan wajib membersihkan atau mencuci tangan terlebih dahulu pada tempat yang sudah disiapkan.

D. Peserta akan dilakukan pengecekan suhu tubuh melalui pemeriksaan Thermal gun oleh petugas, Jika suhu tubuh peserta terdeteksi >38°c, maka peserta tidak diperkenankan untuk melanjutkan kegiatan pemeriksaan dan dapat kembali dilain waktu dan Peserta dengan suhu tubuh normal <38°c dapat melanjutkan kegiatan Rapid Test.

E Peserta dapat memasuki ruangan pemeriksaan dan menuju meja pelayanan administrasi untuk menyerahkan persyaratan sebagaimana tersebut diatas dan mengisi absensi yang telah disiapkan.

F. Peserta dapat menuju tempat pemeriksaan dan dilakukan pemeriksaan umum yaitu tensi darah dan berat badan serta pertanyaan tentang keluhan-keluhan umum

G. Dilaksanakan Rapid Test oleh petugas. Setelah rapid test dilaksanakan maka peserta dapat menunggu hasil pemeriksaan di tempat yang telah disediakan.

H. Peserta dapat menerima hasil pemeriksaan jika hasil "Non Reaktif atau " Bebas Gejala Influenza". Pemeriksaan selesai, peserta dapat kembali ke rumah

I. Jika hasil pemeriksaan peserta menunjukan hasil "Reaktif RDT", maka peserta tidak dapat menerima surat keterangan sehat dan akan dihubungi petugas melalui telpon dan diberikan edukasi oleh petugas agar wajib melaksanakan Isolasi Mandiri selama 14 hari di rumah yang bersangkutan dan akan dijadwalkan untuk pengambilan swab dan akan dipantau oleh petugas surveilans puskesmas sesuai tempat tinggal sampai hasil swab menunjukkan hasil yang negatif

J. Jika hasil pemeriksaan peserta menunjukkan hasil "Memiliki Gejala Influenza", maka peserta tidak dapat menerima surat keterangan sehat sampai pelaku perjalanan sembuh atau tidak lagi memiliki gejala influenza.

K. Pelaksanaan selesai, petugas pengarsipan salinan berkas peserta.

 

Perlu diketahui bahwa Pelaksanaan Kegiatan Rapid Test dan Pemeriksaan Bebas Gejala Influenza Tidak Dikenakan Pemungutan Biaya Apapun.

Info Terbaru

Agenda Kegiatan

Acara Pemilihan Muli Mekhanai

Hari/Tanggal : Selasa, 24 Maret... (24 Maret 2020)

Acara Celugam Nyambai festival 2020

Hari/Tanggal : Sabtu, 21 Maret... (21 Maret 2020)

Safari Jumat

Hari/Tanggal : Jumat, 13 Maret... (13 Maret 2020)

Pengajian Sido Makmur

Hari/Tanggal : Minggu, 22 Maret... (22 Maret 2020)

Senam Bersama

Hari/Tanggal : Jumat, 13 Maret... (13 Maret 2020)

Harga Sembako

No Nama Satuan Harga
1 Beras Kg Rp..............,-
2 Gula Kg Rp. 12.500,-

Lokasi Strategis

Wisata Lumbok Seminung Lampung Barat

Lumbok Seminung, Kabupaten Lampung Barat, Lampung...

Danau Suoh Lampung Barat

Suka Marga, Suoh, Kabupaten Lampung Barat, Lampung...

Masjid Islamic Center Baitul Mukhlisin Lampung Barat

Jl. Lintas Liwa - Bandar Lampung, Sekuting, Pekon Watas, Watas, Balik Bukit,...

Kantorpos Liwa

Jl. Raden Intan, Pasar Liwa, Balik Bukit, Sukamenanti, Way Mengaku, Balik...

Masjid Baiturrahim, Lampung Barat

Way Mengaku, Balik Bukit Kabupaten Lampung Barat, Lampung...

Statistik Pengunjung

Pengunjung
Total Pengunjung : 714869
Pengunjung Hari Ini : 754
Kemarin : 979
Minggu Ini : 8847
Minggu Kemarin : 10181
Bulan Ini : 33234
Bulan Kemarin : 33467