• 0728-21345
  • 13 Aug 20 06:34 AM

Panorama Kebun Raya Liwa

Kebun Raya Liwa, Tempat Kece di Lampung Barat, Lampung barat memang memiliki daya tarik yang sungguh kece, mulai dari budaya yang kental hingga udara yang dingin karena berada di daerah ketinggian.

Terletak di punggung Pegunungan Bukit Barisan dengan hawa yang sejuk dan panorama yang indah seluas sekitar 112 hektare, Kebun Raya Liwa merupakan Kawasan konservasi yang bertemakan konservasi dan pengembangan Tanaman Hias, Representasi Flora Sumatra Bagian Selatan (TNBBS), baik yang berbunga maupun berdaun indah. Tema tanaman hias diharapkan mampu mendorong perekonomian rakyat melalui diversifikasi tanaman. Kawasan Kebun Raya Liwa berada diketinggian antara 890–948 mdpl. Kondisi Topografinya bervariasi sehingga kawasan ini mempunyai kontur dengan ketinggian tanah yang berbeda-beda, hal ini menjadikannya berbukit-bukit dan bergelombang serta adanya sumber air dibeberapa tempat. Pada umumnya beberapa jenis vegetasi tumbuh dengan baik di kawasan tersebut seperti: Ficus sp., Pakis tiang/pohon, tanaman epifit, Pisang-pisangan, rotan dan berbagai jenis Bambu (Bambusa sp.)

Namun demikian beberapa jenis vegetasi seperti Pepasang (Quercus sp.), Cemara exelsa (Araucaria exelsa), Pinus (Pinus merkusii) yang pada umumnya tumbuh didataran tinggi diatas 1000 meter diatas permukaan laut, dapat tumbuh baik di tapak kebun raya. Jumlah koleksi yang tertanam hingga Bulan Februari 2013 sebanyak 162 jenis, 894 spesimen dengan jumlah koleksi di pembibitan sebanyak 329 jenis, 7.361 spesimen. Penataan tanaman hias ditata secara tematik dalam kawasan kebun raya. Sedangkan koleksi tanaman umum ditata menurut kelompok Suku / family, beberapa fasilitas yang sudah dibangun diantaranya, tersedianya Kantor/mess, jalan akses, pembibitan, tower penampungan air.

Nah, untuk anda yang masih bingung nih mau berwisata kemana, di sini bakal jadi tempat yang sangat menarik untuk di kunjungi pastinya bersama keluarga, teman-teman maupun pasangan. Apalagi di hari pekan tempat ini menjadi pilihan untuk para pengunjung yang ramai menikmati indahnya alam, serta pastinya menjadikan daerah ini sebagai tempat mengambil gambar yang baik, karena banyak engle yang bagus khususnya buat anda yang suka update ke media sosial pasti buat teman kalian ngiler deh untuk ikut berkunjung ke sini.

Selain menjadi tempat berfoto-foto seru dan tempat rekreasi keluarga tidak lupa kebun raya liwa, menyediakan fasilitas yang memadai seperti Taman Tematik Dengan Keindahannya,

Kebun raya liwa selama 10 tahun perjalanannya sendiri sudah menghasilkan keanekaragaman tanaman koleksi, banyak hal yang sudah di bangun dan diantaranya adalah taman tematik, di sini terdapat lima taman tematik, yakni taman tematik wangi, taman tematik buah, taman tematik hias, taman tematik aren dan taman tematik araceae dengan total luas sekitar 11,7 hektare (ha), dan terdapat lebih 20 ribu spesimen tanaman kebun koleksi.

Fasilitas Penunjang,
Keindahan yang sangat luas serta Pesona Liwa sendiri yang pastinya kece, tidak lupa pemerintah setempat melengkapi fasilitas penunjang seperti, Mushola untuk tempat beribadah, toilet umum , gazebo untuk beristirahat, kedai kopi, welcome area, jalan setapak dan jalan rabat, kolam , rumah jaga, pergola, jalan lingkungan dan fasilitas umum lainnya.

Penginapan,
Jika anda berada jauh dari Liwa, pasti anda sangat membutuhkan penginapan bukan, apalagi yang dari luar kota maupun mana saja yang datang ke Kebun Raya Liwa pasti ingin menikmati indahnya suasana pagi yang dingin dengan bersantai di temani kopi asli Lampung, tidak usah khawatir di sini terdapat penginapan tidak jauh dari lokasi, di sana juga terdapat hotel atau penginapan, hotel di sana sendiri memiliki keunggulan sower air panas, kamar super luas, free wifi dan break fast + kopi Liwa tentunya. (Sumber : LIPI, lupaarah.com)

Info Terbaru

Agenda Kegiatan

Acara Pemilihan Muli Mekhanai

Hari/Tanggal : Selasa, 24 Maret... (24 Maret 2020)

Acara Celugam Nyambai festival 2020

Hari/Tanggal : Sabtu, 21 Maret... (21 Maret 2020)

Safari Jumat

Hari/Tanggal : Jumat, 13 Maret... (13 Maret 2020)

Pengajian Sido Makmur

Hari/Tanggal : Minggu, 22 Maret... (22 Maret 2020)

Senam Bersama

Hari/Tanggal : Jumat, 13 Maret... (13 Maret 2020)

Harga Sembako

No Nama Satuan Harga
1 Gula Putih Kg Rp. 13.000,-
2 Beras Putih Kg Rp. 11.000,-

Lokasi Strategis

Wisata Lumbok Seminung Lampung Barat

Lumbok Seminung, Kabupaten Lampung Barat, Lampung...

Danau Suoh Lampung Barat

Suka Marga, Suoh, Kabupaten Lampung Barat, Lampung...

Masjid Islamic Center Baitul Mukhlisin Lampung Barat

Jl. Lintas Liwa - Bandar Lampung, Sekuting, Pekon Watas, Watas, Balik Bukit,...

Kantorpos Liwa

Jl. Raden Intan, Pasar Liwa, Balik Bukit, Sukamenanti, Way Mengaku, Balik...

Masjid Baiturrahim, Lampung Barat

Way Mengaku, Balik Bukit Kabupaten Lampung Barat, Lampung...

Statistik Pengunjung

Pengunjung
Total Pengunjung : 662188
Pengunjung Hari Ini : 178
Kemarin : 967
Minggu Ini : 7982
Minggu Kemarin : 8184
Bulan Ini : 14020
Bulan Kemarin : 29396