• 0728-21345
  • 13 Aug 20 07:01 AM

Lambar Ikuti Penilaian Tahap II Penghargaan Pembangunan Daerah PPD Tahun 2018

Rapat Focus Group Disccusion (FGD) Penilain Tahap II Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2018

Lambar- Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) semua daerah dinilai setiap tahun. RKPD 2018 Pemerintah Kabupaten Lampung Barat (Lambar) sudah masuk tahap II.

Tim Penilai dari Bappeda Provinsi Lampung menggelar kegiatan Focus Group Discussion (FGD) bersama dengan Bappeda Pemkab Lambar sebagai bagian dari penilaian tahap II penghargaan Pembangunan Daerah (PPD)  tahun 2018, Jum’at (23/03/18) diruang pesagi kantor bupati setempat.

Hadir pada acara itu, Asisten bidang Perekonomian pemkab Lambar, Ir . Natha Djudin Amran, anggota DPRD Lambar Ismun Zani, Kepala OPD, Tim Penilai Utama dari Bappeda Provinsi Lampung Indra Permana S.Hut M.Si., Tim Penilai Teknis Dwi Prasetyo S.STP .MSi, Tim penilain Independen Dr. Dedi Hermawan MSi, Asrian Hendicaya SE, MSi  dan peserta lainnya.

Wakil Bupati Lampung Barat Drs. Mad Hasnurin dalam sambutannya mengatakan, menyambut baik kedatangan Rombongan Focus Grup Disccusion ( FGD) penilain tahap 2 penghargaan perencanaan pembangunan daerah ( PPD) tahun 2018.

Pemkab Lambar sangat mengapresiasikan dengan adanya penghargaan pembangunan daerah, karena dengan adanya penghargaan ini di harapkan dapat memacu pembangunan di Kabupaten Lampung Barat,di samping itu juga diharapkan seluruh proses perencanaan di daerah dapat berjalan sesuai jadwal yang telah di tetapkan dalam peraturan UU.

Selanjutnya antara dokumen, konsisten, lengkap sesuai dengan aturan yang berlaku serta target-target yang di tentukan harus terukur.

"Pemkab sangat serius dalam penyusunan RKPD, hal ini di lihat dari seluruh tahapan perencanan di laksanakan dengan baik. Melalui mekanisme bottom up telah di lakukan dari Musrenbang pekon , Musrenbang kecamatan, forum konsultasi publik forum gabungan perangkat daerah sampai dengan Musrenbang Kabupaten.

"Sehingga melalui mekanisme top down telah di lakukan penyelarasan terkait dengan prioritas pada pemerintahan pusat dan provinsi. Sehingga prioritas yang ada di kabupaten harus mendukung prioritas pemerintahan pusat," terangnya.

Inovasi perencanaan pembangunan daerah yang telah di laksanakan adalah dengan menggunakan aplikasi E-Planing atau sistem informasi perencanaan pembangunan daerah ( SIPPD) yang mengadopsi aplikasi SIPPD dari provinsi Lampung selain aplikasi perencanaan tersebut, di Lambar juga telah menggunakan aplikasi lain seperti E SAKIP, SIPKD, SIAP ONLINE, sedangkan untuk pengembangan tahun ini direncanakan akan di buat aplikasi E Planing berbasis Android.

"Terkait dengan inovasi program Pemkab telah di laksanakan beberapa inovasi program yang langsung berfokus kepada masyarakat seperti, pengadaan pakaian seragam gratis bagi siswa - siswi biaya penyelenggaraan pendidikan merata ( BPBM), pengadaan buku tulis, ambulan hebat beasiswa untuk pendidikan kedokteran, rehabilitasi rumah tidak layak huni, rehab masjid dan lainnya "ujarnya, dengan harapan, forum Fokus Grup Diskusi ini dapat dimanfaatkan dengan sebaiknya serta efektif dalam penyusunan dokumen perencanaan di Lampung.

Sementara itu dalam sambutannya Tim penilai Utama bappeda Provinsi Lampung Indra Permana S.Hut M.Si., menyampaikan, perlunya pendekatan partisipatif serta komitmen yang kuat dalam penyusunan RKPD tahun 2018.

Secara prinsip perencanaan yang disusun berbasis bukti, harus menjawab persoalan mendasar di masyarakat. “Ini dalam upaya meningkat mutu pendidikan, pelayanan kesehatan yang lebih baik, menggerakkan sektor ekonomi, sehingga mampu mendongkrak perekonomian masyarakat, perbaikan tata kelola pemerintahan serta sarana dan prasarana pendukung lainnya,” sebutnya.

Tim dari Kementrian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas RI itu menggelar kegiatan Focus Group Discussion (FGD) sebagai bagian dari penilaian,dan tim dari provinsi telah menulis lebih awal dan berdasarkan scaning awal ada 4 daerah yang cukup layak untuk di pertimbangkan untuk dinilai lebih lanjut oleh Bappenas .

Karena itu ia berharap agar verifikasi lapangan terhadap perencanaan dan pelaksanaan pembangunan daerah ini Lambar mampu menunjukkan inovasinya.“Semoga lancar dan baik, serta sesuai harapan mengigat bahwa Pemkab Lambar bersungguh dalam menyiapkan RKPD di masing-masing OPD. (Sumber : KejarFakta.com)

Info Terbaru

Agenda Kegiatan

Acara Pemilihan Muli Mekhanai

Hari/Tanggal : Selasa, 24 Maret... (24 Maret 2020)

Acara Celugam Nyambai festival 2020

Hari/Tanggal : Sabtu, 21 Maret... (21 Maret 2020)

Safari Jumat

Hari/Tanggal : Jumat, 13 Maret... (13 Maret 2020)

Pengajian Sido Makmur

Hari/Tanggal : Minggu, 22 Maret... (22 Maret 2020)

Senam Bersama

Hari/Tanggal : Jumat, 13 Maret... (13 Maret 2020)

Harga Sembako

No Nama Satuan Harga
1 Gula Putih Kg Rp. 13.000,-
2 Beras Putih Kg Rp. 11.000,-

Lokasi Strategis

Wisata Lumbok Seminung Lampung Barat

Lumbok Seminung, Kabupaten Lampung Barat, Lampung...

Danau Suoh Lampung Barat

Suka Marga, Suoh, Kabupaten Lampung Barat, Lampung...

Masjid Islamic Center Baitul Mukhlisin Lampung Barat

Jl. Lintas Liwa - Bandar Lampung, Sekuting, Pekon Watas, Watas, Balik Bukit,...

Kantorpos Liwa

Jl. Raden Intan, Pasar Liwa, Balik Bukit, Sukamenanti, Way Mengaku, Balik...

Masjid Baiturrahim, Lampung Barat

Way Mengaku, Balik Bukit Kabupaten Lampung Barat, Lampung...

Statistik Pengunjung

Pengunjung
Total Pengunjung : 662203
Pengunjung Hari Ini : 193
Kemarin : 967
Minggu Ini : 7997
Minggu Kemarin : 8184
Bulan Ini : 14035
Bulan Kemarin : 29396