• 0728-21345
  • 03 Jun 20 09:07 AM

Festival Orkes Gambus akan Digelar November

Repost Medialampung.co.id – Geliat pelestarian seni budaya di Kabupaten Lampung Barat (Lambar) makin meningkat. Pemerintah daerah terus melakukan berbagai upaya, dengan memberikan wadah kepada masyarakat khususnya pecinta seni budaya di kabupaten setempat, untuk  mengasah kemampuan dan berinovasi sehingga menjadikan seni budaya tidak hanya sebagai warisan leluhur yang hanya dicintai masyarakat setempat, namun kedepan bisa menjadi salah satu daya tarik kunjungan wisatawan di Bumi Beguai Jejama Sai Betik tersebut.

Salah satunya seni musik orkes gambus. Tidak ditampik  bahwa seni musik tradisional tersebut baru kembali muncul sejak kepemimpinan Bupati Parosil Mabsus dan Hi. Mad Hasnurin sejak puluhan tahun menghilang dari masyarakat. Sebagai upaya memberikan wadah dalam meningkatkan bakat para pencinta seni musik orkes gambus, maka Pemkab Lambar bekerjasama dengan Karang Taruna Indonesia (KTI) Lambar berencana untuk menggelar Festival Orkes Gambus pada pertengahan November mendatang.

Kabid Kebudayaan Riyadi Andriyanto, S.H., mendampingi Kadisdikbud Lambar Bulki Basri, S.Pd, M.M., mengatakan, Festival Orkes Gambus akan dilaksanakan di Pekon Sukaraja Kecamatan Batubrak, dengan jumlah peserta sekitar 40 grup musik orkes dari berbagai kecamatan di kabupaten setempat.

”Festival Orkes Gambus akan digelar di pertengahan November ini di Sukaraja Batubrak, Insya Allah acaranya akan meriah karena akan diikuti oleh sekitar 40 grup orkes gambus se-kabupaten ini,” ungkap Riyadi Andriyanto.

Selain akan menyelenggarakan Festival Orkes Gambus, pemerintah daerah juga berencana akan menggelar nyambai celugam, dimana event ini akan kental dengan nuansa celugam, pelaksanaan peserta dan lainnya, dan untuk teknis pelaksanaan terus dimatangkan.

”Diusahakan kegiatan-kegiatan yang merupakan bagian dari prosesi nyambai akan ditampilkan juga, seperti marok dan lainnya,  selain akan lebih mempromosikan  seni budaya nyambai juga  momen ini akan  lebih mempromosikan celugam sebagai motif kain khas Lampung Barat kepada masyarakat luas, sehingga kedepannya celugam bisa lebih dicintai  sebagai motif kain khas daerah sendiri,” ujarnya.

Lebih lanjut Riyadi mengungkapkan, sejauh ini perkembangan seni musik orkes gambus maupun nyambai di kabupaten setempat terus mengalami peningkatan, setiap pekon khususnya di wilayah Kecamatan Sukau, Lumboksmeinung, Balikbukit, Batubrak, Belalau dan Batuketulis hampir semua memiliki grup, tidak hanya satu bahkan bisa dua grup bahkan lebih.

”Seni budaya ini juga juga ada di beberapa kecamatan lainnya, seperti Kebuntebu, Gedung Surian, dan juga kecamatan-kecamatan lainnya, yang tentunya sudah menjadi tanggungjawab bersama agar seni budaya ini terus berkembang dan terus dilestarikan,” pungkasnya. (nop/lus/mlo)

 

Info Terbaru

Agenda Kegiatan

Acara Pemilihan Muli Mekhanai

Hari/Tanggal : Selasa, 24 Maret... (24 Maret 2020)

Acara Celugam Nyambai festival 2020

Hari/Tanggal : Sabtu, 21 Maret... (21 Maret 2020)

Safari Jumat

Hari/Tanggal : Jumat, 13 Maret... (13 Maret 2020)

Pengajian Sido Makmur

Hari/Tanggal : Minggu, 22 Maret... (22 Maret 2020)

Senam Bersama

Hari/Tanggal : Jumat, 13 Maret... (13 Maret 2020)

Harga Sembako

No Nama Satuan Harga
1 Gula Putih Kg Rp. 13.000,-
2 Beras Putih Kg Rp. 11.000,-

Lokasi Strategis

Wisata Lumbok Seminung Lampung Barat

Lumbok Seminung, Kabupaten Lampung Barat, Lampung...

Danau Suoh Lampung Barat

Suka Marga, Suoh, Kabupaten Lampung Barat, Lampung...

Masjid Islamic Center Baitul Mukhlisin Lampung Barat

Jl. Lintas Liwa - Bandar Lampung, Sekuting, Pekon Watas, Watas, Balik Bukit,...

Kantorpos Liwa

Jl. Raden Intan, Pasar Liwa, Balik Bukit, Sukamenanti, Way Mengaku, Balik...

Masjid Baiturrahim, Lampung Barat

Way Mengaku, Balik Bukit Kabupaten Lampung Barat, Lampung...

Statistik Pengunjung

Pengunjung
Total Pengunjung : 598151
Pengunjung Hari Ini : 218
Kemarin : 698
Minggu Ini : 4779
Minggu Kemarin : 5208
Bulan Ini : 1548
Bulan Kemarin : 26370