• 0728-21345
  • 20 Feb 20 12:14 PM

EDISI LXVI 2017 EKONOMI & BISNIS

Kreasi Hantaran Pengantin Peluang Bisnis yang Fantastis

 

Peluang bisnis dan usaha di tahun 2017 yang memiliki prospek cukup menjanjikan dan akan menjadi trend, tentunya tidak pernah terlepas dari perkembangan ekonomi yang sekarang ini sudah berjalan dan tumbuh begitu pesat dengan tingkat persaingan yang semakin ketat.
Tidak dapat dipungkiri bahwa setiap tahunnya sudah pasti akan selalu hadir pendatang baru didalam dunia bisnis dan usaha, dengan beragam kreatifitas yang mereka ciptakan guna memenangkan persaingan.

Bagi seorang pemula, lahan bisnis apa yang paling potensial serta menjanjikan di tahun 2017 memang masih menjadi hal paling sulit untuk ditentukan dengan beragam alasan, seperti permodalan, relasi, serta belum memiliki cukup pengalaman untuk memulainya.

Salah satu jenis bisnis yang akan kita bahas berikut ini diharapkan dapat menjadi sumber referensi khususunya bagi yang masih pemula, dan ingin mengawali karirnya dalam bidang usaha kecil namun cukup potensial bisa mendatangkan penghasilan besar.
 Industri kreatif

Membahas tentang ide bisnis kreatif tentunya sangat membutuhkan keahlian serta daya kreatifitas yang tinggi dari tangan tangan terampil untuk menghasilkan sebuah produk yang bernilai jual.

Munculnya ide untuk memulai atau menekuni bisnis kreatif bisa bermula dari bakat atau bahkan dari yang semula hanya merupakan hobi saja. Dan ini adalah sebuah terobosan peluang usaha yang cukup layak untuk dipertimbangkan karena ada pernyataan bahwa pekerjaan paling menyenangkan adalah hobi yang di bayar.

Kalpika prabandaru  warga pasar liwa, pika biasa ia disapa yang notabenenya adalah seorang Aparatur Sipil Negara di salah satu instansi pemerintah daerah kabupeten Lampung Barat (Lambar) ibu dari dua orang anak ini salah satu kresi hasil kelihayan tangannya dalam membentuk hantaran pernikan dengan berbagai bentuk yang unik dan cantik yang bisa mendatangkan pundi-pundi rupiah.

Pika menjelaskan, hantaran pernikahan yang selalu mewarnai moment pernikahan dimanfaatkan sebagai peluang bisnis yang menghasilkan. Memang sudah ada sejak dulu kala, namun dengan adanya perkembangan zaman dan teknologi maka hantaran pernikahan ini pun sudah semakin inofatif mulai dari bentuk, warna, dan aksesorisnya. Walapun masih dikatakan pemula, pika mengaku dirinya sangat senang, karena bisa menghasilkan uang dari hasil kreasi tangannya.

Jasa Menghias Hantaran Pernikahan di Lampung Barat,

Bagi Anda yang sudah menikah, mungkin Anda masih ingat, salah satu yang banyak menyita perhatian Anda adalah bagaimana Anda menghias bingkisan pernikahan yang akan dibawa untuk calon mempelai wanita. Pada saat melakukan upacara seserahan, biasanya calon mempelai laki-laki membawa banyak barang seserahan yang akan diberikan kepada calon mempelai wanita.

Bagi beberapa orang, hiasan seserahan mungkin tidak menjadi permasalahan besar, karenanya tidak terlalu diperhatikan. Tetapi bagi sebagian yang lain, hiasan seseorahan ini diperhatikan dengan sangat serius karena menyangkut harga diri dan juga gengsi seseorang. Mereka menginginkan seserahan dihias sedemikian rupa sehingga terlihat layak dan elegan.

Namun demikian, menghias seserahan bukanlah perkara mudah. Dibutuhkan peralatan yang memadai, boks ataupun kotak tempat seserahan yang bagus, dan juga keterampilan menghias seserahan yang pas. Perpaduan tiga kondisi inilah yang sering kali membuat orang berpikir panjang bagaimana membuat barang seserahan terlihat bagus, tetapi tidak mubazir. Mengapa mubazir, karena boks seserahan yang mahal itu akan digunakan untuk apa setelah event pernikahan selesai?

Bagaimana memanfaatkan kotak seserahan yang mahal itulah yang juga dipikirkan oleh Kalpika prabandaru, ibu muda warga kelurahan Pasar Liwa. Waktu itu, ia menggunakan sekitar 7 kotak seserahan yang masing-masing harganya bervariasi antara Rp 50.000 hingga Rp 100.000. Lalu terpikirlah dalam dirinya, mengapa tidak sekalian saja ia membuka layanan hiasan rumah seserahan?

Maka dengan tekad yang kuat, mulailah ia membuka usahanya yang diberi nama Ifa Rumah Mahar. Usaha tersebut ia jalankan di rumahnya di pasar liwa. Ia menambah koleksi kotak seserahannya hingga cukup banyak. Jasanya adalah mulai dari menyewakan kotak seserahan hingga menghias kotak tersebut sesuai dengan keinginan dari pengguna jasanya.

Seperti biasa, sebagaimana usaha kecil lainnya, ia mulai mempromosikan usahanya kepada teman-teman dekatnya. Masuk akal dan saling menguntungkan. Para calon mempelai bisa menghemat hingga 80% untuk membeli kotak seserahan, dan di sisi lain mereka bisa mendapatkan hiasan seserahan sehingga terkesan mewah dan elegan.

Maka dari mulut ke mulut, dari satu pin BBM ke pin BBM yang lain, dari satu akun FB, dan Instagram beralih ke akun yang lain, mulailah usaha Ita berkembang cepat. Modalnya benar-benar dari hasil pernikahan yang sudah ia lakukan. Kotak hantaran yang digunakannya ternyata masih bermanfaat dan bahkan bisa menjadi tambahan penghasilan buat keluarga.

Usaha yang sudah berjalan sekitar satu tahun itu semakin berkembang hingga saat ini. Setidaknya setiap Minggu ada dua hingga empat pelanggan yang menggunakan jasanya. Seserahan tersebut disewa dengan harga sewa per kotak hantaran plus kreasi hantaran sebesar Rp 50.000. Jika calon mempelai menyewa sekitar 10 kotak, maka ia harus membayar Rp 500.000.

Hingga saat ini, pika terus melengkapi koleksi kotak hantarannya, dan ia sekarang melayani hantaran pernikahan. Jika ingin menggunakan jasa Ita sebenarnya tidak sulit.

Begitulah proses penyewaan itu berjalan sehari-harinya. Selama ini, pika lebih banyak menggunakan media sosial untuk promosinya. Di samping murah, ternyata efektif. Hampir sebagian besar konsumennya tahu dari temannya ataupun dari akun media sosial miliknya. Karena itulah Ita rajin memposting setiap kreasi yang dihasilkan dari tangan kreatifnya ke akun media sosial miliknya.

Pada akhirnya yang akan berbicara pada konsumen adalah pelayanan. Faktor-faktor yang menjadi pertimbangan konsumen di antaranya adalah keragaman kotak hantaran yang mau dihias, kesediaan produk, keterampilan menghias, dan juga harga. Karena itulah, hampir setiap bulan Ita selalu memperbaharui koleksinya dengan menambah berbagai kotak dan aksesori pendukungnya. Dengan demikian, setiap orang yang akan menyewa dan menggunakan jasanya mempunyai banyak pilihan yang bisa dipilih sesuai kepribadiannya.

Saat ini, pika sedang mengembangkan layananya tidak hanya untuk barang seserahan, tetapi juga untuk berbagai event yang lain semacam birthday party ataupun perkumpulan keluarga. Ke depan, pika ingin sekaligus bisa mengelola event dan party semacam ini, bukan hanya sekadar menyewa kotak hantarannya.

Apa yang dilakukan kalpika prabandaru memberikan pelajaran berharga kepada kita bahwa apapun yang ada di dunia ini harus bisa dimanfaatkan secara ekonomis. Jangan sampai setiap habis pakai lalu dibuang, karena bisa jadi, apa yang sudah kita gunakan masih mempunyai nilai ekonomis, bahkan bisa menjadi sumber penghasilan.

Untuk bisa bersaing, tentu saja kita harus mempunyai keunggulan. Tanpa keunggulan bersaing yang kuat, kita akan segera dilibas oleh para pesaing, apalagi yang mempunyai kekuatan besar dalam mengungguli produk dan jasa yang kita tawarkan.

Untuk anda yang mau menggunakan jasa hias hantaran pernikahan dari IFA RUMAH MAHAR yang beralamtkan Jl. Letnan Hasan Basri Jati mulyo komplek terminal pasar liwa, Kelurahan Pasar Liwa. Lampung Barat atau bisa mengunjungi akun FB Kalpika Prabandaru . (tim Bj/AND).

Info Terbaru

Agenda Kegiatan

Musrenbang Kec. Pagar Dewa

Hari/Tanggal : Rabu, 13 Februari... (13 Februari 2020)

Musrenbang Kec. Sekincau

Hari/Tanggal : Selasa 12 Februari... (12 Februari 2020)

Musrenbang Kec. Air Hitam

Hari/Tanggal : Selasa 12 Februari... (12 Februari 2020)

Musrenbang Kec. Sumber Jaya

Hari/Tanggal : Selasa 11 Februari... (11 Februari 2020)

Musrenbang Kec. Belalau

Hari/Tanggal : Senin, 10 Februari... (10 Februari 2020)

Harga Sembako

No Nama Satuan Harga
1 Gula Putih Kg Rp. 13.000,-
2 Beras Putih Kg Rp. 11.000,-

Lokasi Strategis

Wisata Lumbok Seminung Lampung Barat

Lumbok Seminung, Kabupaten Lampung Barat, Lampung...

Danau Suoh Lampung Barat

Suka Marga, Suoh, Kabupaten Lampung Barat, Lampung...

Masjid Islamic Center Baitul Mukhlisin Lampung Barat

Jl. Lintas Liwa - Bandar Lampung, Sekuting, Pekon Watas, Watas, Balik Bukit,...

Kantorpos Liwa

Jl. Raden Intan, Pasar Liwa, Balik Bukit, Sukamenanti, Way Mengaku, Balik...

Masjid Baiturrahim, Lampung Barat

Way Mengaku, Balik Bukit Kabupaten Lampung Barat, Lampung...

Statistik Pengunjung

Pengunjung
Total Pengunjung : 486290
Pengunjung Hari Ini : 350
Kemarin : 857
Minggu Ini : 6081
Minggu Kemarin : 5910
Bulan Ini : 17242
Bulan Kemarin : 39043