• 0728-21345
  • 03 Jun 20 11:20 AM

Bupati Lambar Kunker Ke Kabupaten Bangli Provinsi Bali

BALI-  Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus didampingi Kepala Bapeda Ir. Okmal , Kadispora Indra Kesuma ,Kadisbun  Tri Umaryani , Kepala Dinas Pendidikan Bulki Basri ,dan Kepala bagian Pemerintahan dan Otda Sekdakab Lambar yudha Setiawan ,mengunjungi Pabrik Kopi Kawi Mengani, di Mengani Kintamani Kabupaten Bangli Provinsi Bali terkait pengembangan kopi, desa dan pariwisata di kabupaten tersebut, Kamis 22/02/2018. Bupati Bersama rombongan diterima oleh Bupati Bangli I Made Gianyar beserta jajarannya. Bangli dengan pengolahan kopi "kintamani" nya saat ini menjadi pusat perhatian pegiat kopi nusantara.

Menurut Kadisbun Lambar  Tri Umaryani menyampaikan, pengelolaan kopi dan produk turunan nya oleh Pemkab Bangli patut ditiru untuk meningkatkan nilai ekonomis petani kopi. Bermacam-macam produk turunan berkualitas  menjadi produk unggulan kabupaten tersebut. Diantara nya: Kopi bubuk, Wine, Briket, tepung dsb.

Dalam kesempatan itu juga Bupati Lampung Barat diberi kesempatan untuk menanam bibit kopi arabika di lokasi Pabrik meñgani di Bangli Bali. Tak hanyan itu, Bupati Bangli juga secara khusus mendampingi Parosil Mabsus mengunjungi beberapa objek wisata unggulan di kabupaten tersebut.

Bupati Juga menyampaikan  Masing-masing kabupaten memiliki potensi daerah tersendiri. Seperti misalnya Bangli yang memiliki komoditi pertanian andalan yakni kopi Kintamani yang bisa menjadi brand Kabupaten Bangli. “Saya kira kopi Kintamani bisa manjadi brand yang kuat untuk Bangli,” tegasnya.

Terlebih kopi Kintamani selama ini sudah ditunjang dengan pengolahan kopi terbaik di Indonesia. Menurut  Bupati Desa Mengani juga cocok untuk dijadikan agro wisata, sehingga bisa menambah pendapatan Kabupten maupun masyarakat di sekitarnya. Pihaknya menyarankan para petani kopi di Kintamani menanam komoditi dengan pola diversifikasi sehingga pendapatan para petani bisa bertambah dan tidak menunggu panen raya datang.

Pabrik Kopi Mengani mendapat perhatian khusus dari Istana Negara karena prestasi nya tersebut. Beberapa waktu yang lalu, Mantan Kepala Staf Keperesidenan Istana Teten Masduki pernah berkunjung ke lokasi pabrik.

Sementara itu, Bupati Bangli I Made Gianyar menyampaikan ucapan terimaksih atas kunjungan Bupati. Disampaikan Gianyar bahwa sejatinya para petani kopi di Kintamani sudah melakukan penanaman dengan sistem diversifikasi. Hanya saja belum secara keseluruhan. “Pola ini perlu kita sosialisasikan lebih lanjut ke petani. Disamping itu yang perlu kita perhatikan adalah manajemennya seperti mengembangkan komoditi sesuai dengan potensinya, bagaimana pola insentifikasi pertanian dengan lahan diversifikasi tanaman, dan sisitem pemasarannya. Hal Ini yang harus kita lakukan secara terpadu dari hulu sampai hilir,” kata Gianyar.

 

Pihaknya juga berharap kedepan makin banyak para petinggi atau pejabat pusat yang memberikan pengalamannya saat berkunjung ke daerah-daerah lain yang bisa di kembangkan di Kabupaten Bangli. Sehingga dapat menambah pengalaman para petani di Kabupaten Bangli

Info Terbaru

Agenda Kegiatan

Acara Pemilihan Muli Mekhanai

Hari/Tanggal : Selasa, 24 Maret... (24 Maret 2020)

Acara Celugam Nyambai festival 2020

Hari/Tanggal : Sabtu, 21 Maret... (21 Maret 2020)

Safari Jumat

Hari/Tanggal : Jumat, 13 Maret... (13 Maret 2020)

Pengajian Sido Makmur

Hari/Tanggal : Minggu, 22 Maret... (22 Maret 2020)

Senam Bersama

Hari/Tanggal : Jumat, 13 Maret... (13 Maret 2020)

Harga Sembako

No Nama Satuan Harga
1 Gula Putih Kg Rp. 13.000,-
2 Beras Putih Kg Rp. 11.000,-

Lokasi Strategis

Wisata Lumbok Seminung Lampung Barat

Lumbok Seminung, Kabupaten Lampung Barat, Lampung...

Danau Suoh Lampung Barat

Suka Marga, Suoh, Kabupaten Lampung Barat, Lampung...

Masjid Islamic Center Baitul Mukhlisin Lampung Barat

Jl. Lintas Liwa - Bandar Lampung, Sekuting, Pekon Watas, Watas, Balik Bukit,...

Kantorpos Liwa

Jl. Raden Intan, Pasar Liwa, Balik Bukit, Sukamenanti, Way Mengaku, Balik...

Masjid Baiturrahim, Lampung Barat

Way Mengaku, Balik Bukit Kabupaten Lampung Barat, Lampung...

Statistik Pengunjung

Pengunjung
Total Pengunjung : 598294
Pengunjung Hari Ini : 361
Kemarin : 698
Minggu Ini : 4922
Minggu Kemarin : 5208
Bulan Ini : 1691
Bulan Kemarin : 26370