• 0728-21345
  • 29 Sep 20 15:06 PM

BUMDes Tirtajaya Wakili Lampung Barat

SUMBERJAYA - Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), Tirtajaya Pekon Sukajaya, Kecamatan Sumberjaya, Kabupaten Lampung Barat akan menjadi wakil dari 131 pekon dikabupaten itu pada even lomba BUMDEs tingkat Provinsi Lampung 31 Juli 2018.

Atas keterwakilan itu, saat ini pengelolan buMdes bersama apAratur pekon setempat, dibimbing tim dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pekon (DPMP), mulai melakukan persiapan tentang item-item yang akan diberikan penilaian guna meriah hasil yang baik, seperti persiapan dalam pengelolaan dan penataan administrasi (adm), legalitas, pemberdayaan atau pemanfaatan warga hingga dokumentasi lainnya.

Pj. Peratin Sukrul Satirmanuddin menegaskan, pihaknya atasnama petugas BUMDes Tirtajaya, merasa bangga atas keterwakilan itu, dimana keikutsertaan lomba BUMDes tingkat provinsi mampu diraih berkat kepiawaian petugas BUMDes dalam mengelola usaha.

Dengan akan mengusung usaha yang dilaksanakan seperti wisata arung jeram dengan memanfaatkan keberadaan sungai (Way) Besai, serta usaha Prasarana Air Bersih (PSAB). "Usaha arung jeram ini memanfaatkan dana penyertaan dari Anggaran Dana Desa (ADD) 2017 sebesar, Rp.100 juta, dan usaha PSAB merupakan aset pekon yang dilimpahkan pengelolaannya kepada BUMDes dengan jumlah pelanggan 350 KK,"terangnya.

Pada kesempatan itu Sukrul juga menyebutkan tentang Visi BUMDes setempat yakni Maju Bersama Membangun Desa Yang Berdaya Saing. Misi, Mewujudkan Kesejahteraan Masyarakat Melalui Pengembangan Usaha Ekonomi, Pariwisata, Pelayanan Sosial serta Memasarkan Produk Unggulan Pekon.

Terpisah ditegaskan Kabid Pemberdayaan Masyarakat Sumarlin, S.P, M.P, mendampingi Kadis DPMP Lambar Drs Nukman, M.M., masuknya BUMDes Pekon Sukajaya tingkat Provinsi Lampung tahun ini atas dasar peninjauan BUMDes dari masing-masing pekon se-Lambar.

Dimana 2017 kemarin terdapat lima pekon yang dianggap sudah memenuhi standar untuk diajukan dengan aktifnya kegiatan dan serta tertib pelaporan, diantaranya BUMDes Pekon Purajaya, Kecamatan Kebuntebu, Pekon Sukajaya, Kecamatan Sumberjaya, Pekon Tanjung Raya, Kecamatan Sukau, Pekon Rigisjaya dan Pekon Sumberalam, Kecamatan Airhitam.

Tapi, dari lima kandidat pekon tersebut, tinggal Pekon Sukajaya yang dianggap lebih siap untuk menjadi perwakilan lomba, dilihat dari keaktipan usaha serta keterlibatan masyarakat yang sudah banyak diatas 30-an orang, yang berperan di PSAB maupun arung jeram.

Karena itulah kenapa Pekon Sukajaya menjadi utusan pemkab Lambar pada lomba BUMDes tingkat Provinsi Lampung.

Maka terkait itu pihaknya menghimbau, kepada petugas BUMDes dan aparat pekon setempat dalam persiapan menghadapi lomba, seperti laporan sudah lebih diperbaiki dan dipenuhi adm lainnya, serta apa yang masih menjadi keluhan agar dilengkapi termasuk dokumen kunjungan wisatawan-wisatawan dari luar daerah yang sudah pernah mencoba ganasnya sungai Besai diatas perahu karet. (Radar Lambar)

Info Terbaru

Agenda Kegiatan

Acara Pemilihan Muli Mekhanai

Hari/Tanggal : Selasa, 24 Maret... (24 Maret 2020)

Acara Celugam Nyambai festival 2020

Hari/Tanggal : Sabtu, 21 Maret... (21 Maret 2020)

Safari Jumat

Hari/Tanggal : Jumat, 13 Maret... (13 Maret 2020)

Pengajian Sido Makmur

Hari/Tanggal : Minggu, 22 Maret... (22 Maret 2020)

Senam Bersama

Hari/Tanggal : Jumat, 13 Maret... (13 Maret 2020)

Harga Sembako

No Nama Satuan Harga

Lokasi Strategis

Wisata Lumbok Seminung Lampung Barat

Lumbok Seminung, Kabupaten Lampung Barat, Lampung...

Danau Suoh Lampung Barat

Suka Marga, Suoh, Kabupaten Lampung Barat, Lampung...

Masjid Islamic Center Baitul Mukhlisin Lampung Barat

Jl. Lintas Liwa - Bandar Lampung, Sekuting, Pekon Watas, Watas, Balik Bukit,...

Kantorpos Liwa

Jl. Raden Intan, Pasar Liwa, Balik Bukit, Sukamenanti, Way Mengaku, Balik...

Masjid Baiturrahim, Lampung Barat

Way Mengaku, Balik Bukit Kabupaten Lampung Barat, Lampung...

Statistik Pengunjung

Pengunjung
Total Pengunjung : 716396
Pengunjung Hari Ini : 615
Kemarin : 862
Minggu Ini : 8319
Minggu Kemarin : 8501
Bulan Ini : 34761
Bulan Kemarin : 33467