• 0728-21345
  • 20 Feb 20 12:58 PM

20.M APBD Lampung Barat dikucurkan bangun jalan Sukabumi-Suoh

Dewan Perwakilan Rakyat (DPRDI Kabupaten Lampung Barat (Lambar) resmi mengesahkan alokasi anggaran dana Rp 20 Miliar untuk pembangunan jalan Sukabumi-Suoh pada Anggaran Pendapatan Belanja Daeerah (APBD) Kebupaten Lambar tahun 2017.
Anggaran tersebut akan direalisasikan untuk menuntaskan jalur Sukabumi-Suoh pada tahun ini.

Ketua DPRD Kab. Lambar Edi Novial, S.Kom., mengatakan dengan anggaran dana Rp 20 miliar yang dikucurkan dari APBD Lambar tersebut dapat dispastikan akan mampu menyelesaikan pembangunan seluruh jalur Suka Bumi-Suoh yang belum terbangun selama ini.

Pihaknnya menambahkan, upaya untuk mengentaskan kemiskinan, meningkatkan ketahanan pangan, serta membuka daerah terisolir di daerah terujung Provinsi Lampung, terus digalakan oleh pemerintah setempat. Diantaranya Kecamatan Suoh dan Bandar Negeri Suoh. Namun selama ini PemerintahDaerah terkendala dengan sulitnya medan serta lokasi sepanjang jalur Sukabumi-Suoh yang didominasi taman nasional.

Pihaknnya juga mengatakan, selama ini baik eksekutif maupun legislatif telah bekerja maksimal mungkin serta bahu-membahu untuk mengahpus stigma bahwa suoh daerah terisolir. Segala upaya dilakukam untuk menjadikan Suoh lebih maju dan mudah dijangkau, salah satunya dengan membangun jembatan Way Semangka.

Selanjutnya pada tahun anggaran 2017, pembangunan yang dilaksanakan di Kecamatan Suoh dan BNS bukan hanya pembangunan jalan saja, tetapi sasaran lainnya seperti Pendidikan, Kesehatan, Air Bersih juga terus ditingkatkan pelaksanaannya, terutama pembangunan jalan lingkar didalam wilayah kedua kecamatan tersebut.Khusus untuk sektor pendidikan, setidaknya suoh dibangun dua sekolah lanjutan tingkat atas, yaitu SMKN 1 Suoh dan SMAN BNS.

Perlahan tapi pasti agar suoh bisa dibenahi agar kedepan bisa sejajar dengan daerah-daerah lain yang ada di bumi sekala bekhak tersebut. Potensi dan sumber daya alam yang dimiliki suoh, cukup potensial. Selain memiliki potensi panas bumi Suoh, daerah yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Tanggamus itu juga memiliki danau yang cukup indah yaitu danau blibis, danau asam dan danau tiga warna yang kedepannya bisa dikembangkan menjadi objek wisata untuk mendukung perekonomian wilayah tersebut.

Dengan adanya potensi yang ada tersebut, bukan tidak mungkin kedepannya suoah akan menjelma menjadi daerah yang cukup maju, selain ditunjang oleh si-potensi yang tidak dimiliki oleh daerah lain, suoh juga memiliki kultur tanah yang cukup subur. Seperti Kopi, lada, padi, kaku serta palawija tumbuh subur di daerah suoh.

Selain itu suoh bukanlah satu-satunya daerah yang menjadi sasaran fokus pembanguna. Namun demikian pembangunan pembangunan daerah suoh merupakan barometer bentuk pemerataan pembangunan di Lambar.

Bahkan lanjut pihaknnya, kendati di dalam lembaga wakil rakyat yang dipimpinnya tersebut berasal dari berbagai daerah dan bermacam partai, terbukti ketika pembahasan anggran untuk penuntasan jalan ruas Sukabumi-Suoh satu kata dan menyetujuinya. (Sumber : Rakyat Lampung / Mega / TIM BJ HUMAS)

Info Terbaru

Agenda Kegiatan

Musrenbang Kec. Pagar Dewa

Hari/Tanggal : Rabu, 13 Februari... (13 Februari 2020)

Musrenbang Kec. Sekincau

Hari/Tanggal : Selasa 12 Februari... (12 Februari 2020)

Musrenbang Kec. Air Hitam

Hari/Tanggal : Selasa 12 Februari... (12 Februari 2020)

Musrenbang Kec. Sumber Jaya

Hari/Tanggal : Selasa 11 Februari... (11 Februari 2020)

Musrenbang Kec. Belalau

Hari/Tanggal : Senin, 10 Februari... (10 Februari 2020)

Harga Sembako

No Nama Satuan Harga
1 Gula Putih Kg Rp. 13.000,-
2 Beras Putih Kg Rp. 11.000,-

Lokasi Strategis

Wisata Lumbok Seminung Lampung Barat

Lumbok Seminung, Kabupaten Lampung Barat, Lampung...

Danau Suoh Lampung Barat

Suka Marga, Suoh, Kabupaten Lampung Barat, Lampung...

Masjid Islamic Center Baitul Mukhlisin Lampung Barat

Jl. Lintas Liwa - Bandar Lampung, Sekuting, Pekon Watas, Watas, Balik Bukit,...

Kantorpos Liwa

Jl. Raden Intan, Pasar Liwa, Balik Bukit, Sukamenanti, Way Mengaku, Balik...

Masjid Baiturrahim, Lampung Barat

Way Mengaku, Balik Bukit Kabupaten Lampung Barat, Lampung...

Statistik Pengunjung

Pengunjung
Total Pengunjung : 486325
Pengunjung Hari Ini : 385
Kemarin : 857
Minggu Ini : 6116
Minggu Kemarin : 5910
Bulan Ini : 17277
Bulan Kemarin : 39043