• 0728-21345
  • 24 Oct 19 01:00 AM

Tim Literasi Daerah Mengadakan Syukuran Dalam Rangka Genap Satu Tahun

Lampung Barat  (27/9/19) - dalam  rangka genap satu tahun usia Tim Gerakan Literasi Daerah (GLD) Kabupaten Lampung Barat mengadakan syukuran secara sederhana di Sekretariat Tim GLD, Wisma Sindalapai Liwa.

Hadir pada kegiatan tersebut Ketua Tim GLD Lampung Barat Partinia, S.Pd  MM, Camat Balik Bukit Drs. Akmal Hakim, Lurah Pasar Liwa Eva Oktarina, S.Pd  MM, dan segenap pengurus Tim GLD setempat.

Kepengurusan Tim GLD Lampung Barat dikukuhkan Bupati Lampung Barat pada 27 September 2018 di Padang Tambak Kecamatan Way Tenong. Bersamaan dengan itu pula di tempat yang sama juga dicanangkan Pekon Tambak sebagai Pekon Literasi, kata Partinia.

Lebih lanjut menurut Partinia, Gerakan Literasi Daerah adalah sebuah gerakan untuk meyinergikan semua potensi serta memperluas keterlibatan public dalam menumbuhkan, mengembangkan, dan membudayakan literasi di Kabupaten Lampung Barat.

Dengan demikian Tujuan GLD adalah untuk menumbuhkembangkan budaya literasi pada ekosistem pendidikan mulai dari keluarga, sekolah, dan masyarakat dalam rangka pembelajaran sepanjang hayat sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas hidup.

Oleh karena itu agar tujuan GLD dapat tercapai sesuai dengan yang diharapkan maka dalam pelaksanaannya harus memenuhi tiga prinsip yaitu, Berkesinambungan, Terintegrasi, dan Melibatkan semua pemangku kepentingan.

Disamping itu menurut Sekretaris Tim GLD Lampung Barat Drs. Sandarsyah. Sudah cukup banyak yang telah dilakukan organisasi ini selama satu tahun belakangan ini, seperti akhir tahun 2018 yang lalu, Tim GLD bersama Tim Penggerak PKK Kabupaten Lampung Barat mengadakan Lomba Paduan Suara “Lampung Barat Kabupaten Literasi” dan Lomba Mendongeng Kolaborasi Ibu Dan Anak.

Sedangkan untuk kegiatan di tahun 2019 ini, kita sudah melakukan, Senam Literasi bersama di tiga sekolah (SDN 3 Way Mengaku, SMPN 1 Liwa, SMPN Sekuting Terpadu, MTsN Liwa, Kecamatan Sukau dan Kecamatan Kebun Tebu), Temu Literasi di SMAN 1 Liwa, dan berpartisipasi pada Focus Group Discution (FGD) Gerakan Literasi.

Lalu, kunjungan ke Lamban Baca yang ada di Kecamatan (Balik Bukit, Way Tenong, Sukau, Lumbok Seminung, Suoh, Bandar Negeri Suoh, dan Sekincau), berpartisipasi pada ajang Millenial Road Safety Festival, dan menerima kunjungan studi pembelajaran dari Kabupaten Way Kanan dan Kabupaten Tanggamus.

Selanjutnya, Pembinaan Literasi di Sanggar Seni Kecamatan (Belalau, Batu Ketulis, Batu Brak, dan Sukau), berpartisipasi pada Gebyar SMPN 1 Batu Brak, dan Audsi Duta Literasi serta Penobatan Duta Literasi.

Seterusnya bekerja sama dengan Balai Bahasa Lampung mengadakan kegiatan Pembinaan Komunitas Baca Se- Kabupaten Lampung Barat, menggelar Lapak Baca di (Lapangan Pemkab Lampung Barat, Taman Ham Tebiu, dan Kompleks Kawasan Sekuting Terpadu), dan Pembinaan Literasi di SMPN 3 Liwa.

Terakhir, Marok Literasi bersama Penulis Udo Z Karzi dan Muhammad Harya Ramdhoni, Pengenalan Gerakan Literasi di SMAN 2 Liwa, serta Pelantikan Tim GLD sepuluh kecamatan (Sukau, Balik Bukit, Batu Brak, Belalau, Sekincau, Pagar Dewa, Way Tenong, Air Hitam, Gedung Surian, dan Kebun Tebu)," pungkas Sandarsyah".

Info Terbaru

Agenda Kegiatan

MTQ Tingkat Kabupaten ke-23

Hari/Tanggal : Senin ,11... (11 November 2019)

Deklarasi KLA

Hari/Tanggal : Senin ,28... (28 Oktober 2019)

Penyerahan Proda dari Sosilisasi PTSL 2020

Hari/Tanggal : Kamis,24... (24 Oktober 2019)

Pengajian Air Hitam

Hari/Tanggal : Rabu,23... (23 Oktober 2019)

Jawaban Pemerintah pandangan Fraksi-Fraksi

Hari/Tanggal : Rabu,23... (23 Oktober 2019)

Harga Sembako

No Nama Satuan Harga
1 Gula Putih Kg Rp. 13.000,-
2 Beras Putih Kg Rp. 11.000,-

Lokasi Strategis

Kantorpos Liwa

Jl. Raden Intan, Pasar Liwa, Balik Bukit, Sukamenanti, Way Mengaku, Balik...

Masjid Baiturrahim, Lampung Barat

Way Mengaku, Balik Bukit Kabupaten Lampung Barat, Lampung...

RSUD Liwa Kabupaten Lampung Barat

Jl. Teuku Umar No. 3, Liwa, Kubu Perahu, Balik Bukit Kabupaten Lampung Barat,...

Wisata Kebun Raya Liwa

Kebun Raya Liwa, Way Mengaku, Balik Bukit West Lampung Regency, Lampung...

Kantor Bupati Lampung Barat

Jl. Raden Intan II No. 1 Way Mengaku, Balik Bukit Lampung Barat Lampung, 34811...