• 0728-21345
  • kominfo.lambar@gmail.com
  • 24 Oct 18 04:48 AM

Sosialisasi Perlindungan Tenaga Kerja Perempuan Tahun 2018

Dalam rangka sosialiasai perlindungan tenaga kerja perempuan tahun 2018. Pemda Lambar Tepat di aula BPKAD melaksanakan sosialisasi perlindungan tenaga kerja perempuan yang dihadiri oleh Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak Lampung Barat Bapak Daman Nasir, Mp, Bapak/Ibu narasumber  dari Polres dan  Ketenagakerjaan Lampung Barat, dan Para Peserta Sosialisai,  Kamis  04/10/2018.

Dalam kesempatan tersebuat  bapak Daman Nasir menyampaikan bahwa, Dari tema sosialisai ini kita akan berbicara mengenai perempuan. Perempuan merupakan makhluk ciptaan Tuhan yang yang memiliki kelemah lembutan, rasa kasih sayang terhadap keluarga, anak-anak maupun terhadap suami mereka.

Kemudian, Kaum  perempuan juga memiliki rasa sesitifitas yang begitu tinggi terhadap lingkungan sekitranya, akan tetapi dibalik itu semua terdapat kekuatan besar yang tersimpan, perempuan dapat membuka mata dunia bahwa perempuan juga dapat melakukan dapat dibayangkan atau di lakukan oleh seorang laki-laki dan hal ini terbentuk dengan istilah kesetraan jender. Sekarang ini dapat kita lihat bersama banyak sekali pelaku Industri akitipitas di kalangan praktisi dan bahkan pemimpin-pemimpin diberbagai negara belahan dunia ini mereka adalah kaum perempuan.

Setelah itu,  Pada daerah yang kita cinta ini salah satu upaya pembangkitan ekonomi rakyat adalah dengan terbukanya usaha disegala bidang dan salah satu yang dapat kita ambil contoh adalah bidang perkebunan, pada sektor ini yang banyak terlibat adalah kaum perempuan yang terlibat didalamnya, walaupun hal ini juga dapat dilakukan oleh kaum laki-laki akan tetapi sesungguhnya juga dapat dilakukan oleh kaum perempuan.

Tidak dapat dipungkiri bahwa, posisi tawaran tenaga kerja perempuan lebih lemah dibandingkan tenaga kerja laki-laki, ini karena imet secara umum  secara ini dimana persentasi tenaga kerja perempuan baik di pedesaan maupun di perkotaan di akui sangat besar pada saat ini. Berbagai penelitian yang dilakukan menunjukan besarnya keterlibatan tenaga kerja perempuan dalam berbagai sektor baik di sektor industri, pertanian dan perkebunan.

Berangkat dari ini semua dimana kaum perempuan telah juga menggeluti berbagai macam propesi layaknya kaum laki-laki. Pemerintah telah memberikan instrumen tentang perlindungan pada kaum perempuan dengan senantiasa memberikan rasa aman dalam penggunaan hak-haknya, memberikan perhatian yang konsisten dan sitematis. Berkaitan dengan hal tersebut bahwa, pemerintah telah menerbitkan UU Nomor 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan. Mentri tenaga kerjapun mengeluarkan amanat melalui surat keputusan Nomor 224 tahun 2003 tentang kewajiban pengusaha yang memperkerjakan perempuan pada malam hari  dan semua ini juga menjadi kesepakatan dunia dalam konvesi PBB tentang penghapusan diskriminasi, konvensi Ilo  Nomor 100 tahun 57 tentang pengupahan yang sama antara laki-laki dan perempuan untuk pekerja yang sana nilainya.

Pemerintah kabupaten Lampung Barat telah sepakat untuk senantiasa mendukung niat baik ini dan kemudian di tungkan melalui program kerja melalui OPD terkait dalam hal ini memlaui  Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak di kabupaten Lampung Barat.

Berdasarkan pengamatan berbagai masalah dan persoalan tenaga kerja perempuan yang sering kita sasikan dari media maka pemerintah daerah merasa perlu untuk menyelengrakan kegiatan sosialisasi dalam rangka memberikan pemahaman kepada kita sekalian guna meningkatkan perlindungan terhadap tenaga kerja perempuan.

Pada perinsipnya tenaga kerja baik laki-laki maupun perempuan merupakan sebuah aset upaya peningkatan nilai serta kapasitas produksi baik dalam lingkup industri maupun lingup pormail maupun dalam bidang linnya, seperti perkebunan. "Ujarnya"

Selanjutnya, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak di kabupaten Lampung Barat berpesan bahwa, mari kita sama-sama sukseskan pembangunan bagi daerah yang sama-sama kita cintai ini dengan senantiasa menerapkan aspek-aspek iklim  usaha yang nyaman, mengedepankan hak-hak ketenagakerjaan dengan beberapa upaya. Ketika kita melihat realita yang terjadi di Lampung Barat bawah belum begitu banyak tenaga kerja perempuan di dalam industri maupun perusahaan, akan tetapi pemerintah kabupaten Lampung Barat menganggap perlu sosialisasi di laksanakan dari awal untuk menghadapi perkembangan kemajuan dunia dimasa yang akan datang untuk menuju Lampung Barat yang hebat dan sejahtera. "Tutupnya"

 

(Rian Ariska/Nunun Gempita Kominfo)

Info Terbaru

Agenda Kegiatan

Peresmian BBM 1 Harga

Hari dan Tanggal : Jum'at, 11 Mei 2018 Tempat : SPBKB Way... (11 Mei 2018)

Apel Gelar Pasukan

Hari dan Tanggal : Jum'at, 11 Mei 2018 Tempat : Lapangan... (11 Mei 2018)

Senam Sehat

Hari dan Tanggal : Jumat, 11 Mei 2018 Tempat : Lapangan Pemkab... (11 Mei 2018)

Pengajian Tahunan

Hari dan Tanggal : Rabu, 09 Mei 2018 Tempat : Kebun... (09 Mei 2018)

Pencanangan Kabupaten Literasi

Hari dan Tanggal : Rabu, 02 Mei 2018 Tempat : Gor Ajisaka... (02 Mei 2018)

Harga Sembako

No Nama Satuan Harga
1 Gula Putih Kg Rp. 13.000,-
2 Beras Putih Kg Rp. 11.000,-

Lokasi Strategis

Kantorpos Liwa

Jl. Raden Intan, Pasar Liwa, Balik Bukit, Sukamenanti, Way Mengaku, Balik...

Masjid Baiturrahim, Lampung Barat

Way Mengaku, Balik Bukit Kabupaten Lampung Barat, Lampung...

RSUD Liwa Kabupaten Lampung Barat

Jl. Teuku Umar No. 3, Liwa, Kubu Perahu, Balik Bukit Kabupaten Lampung Barat,...

Wisata Kebun Raya Liwa

Kebun Raya Liwa, Way Mengaku, Balik Bukit West Lampung Regency, Lampung...

Kantor Bupati Lampung Barat

Jl. Raden Intan II No. 1 Way Mengaku, Balik Bukit Lampung Barat Lampung, 34811...