21 Jun 18 13:11 PM

Rekapitulasi Kegiatan Program Bupati Lambar 2019

LIWA - Senin, 04 Juni 2018, BAPPEDA (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah) mengadakan acara rapat Rekapitulasi Kegiatan Program Bupati di Aula Pakuwon BAPEDA, acara rapat ini juga dihadiri oleh Kabid dan Kadis dari beberapa dinas di kabupaten Lampung Barat, diantaranya Dinas Perhubungan, Dinas PUPR, Dinas KOMINFO, Dinas Koperindagsar, dan Dinas Lingkungan Hidup.

Rapat ini membahas agenda - agenda yang sudah ditargetkan dari beberapa tahun sebelumnya yang pada tahun 2019 harus sudah selesai, ada beberapa program unggulan atau yang memang dipreoritaskan diantaranya :


1. Peningkatan Infrastruktur Mantab
Dalam hal ini yang dibahas adalah pembangunan jalan poros penghubung kecamatan dan jalan kabupaten dan pembangunan jembatan, irigasi, listrik serta sarana air bersih.

2. Penataan Kota Liwa Sebagai Kota Budaya
Dalam hal ini yang dibahas adalah penataan dan pembangunan ruang terbuka seperti alun - alun taman bersih, pembangunan rumah budaya serta pembangunan sarana dan prasarana perkotaan.

Adapun 9 zona atau lokasi yang akan ditingkatkan infrastrukturnya :
1. Zona 1 adalah Kawasan Sekuting Terpadu
Programnya adalah akan dibuat bangunan pendukung, serta pembangunan lahan parkir di bagian depan jalur lintas kota.

2. Zona 2 adalah Kawasan SMKN 1, SMPN 4, MTSN 1, MAN 1, SMPN 1 dan SMAN 1
Programnya lahan sebelah kiri dan kanan jalan jalur lintas masih kosong belum ada pembangunan apa - apa.

3. Zona 3 adalah Jembatan Sebarus, SPBU Lama, dan Hotel Jembar Manah
Program dari Dinas PUPR adalah pembangunan jalan baru dari paksipak sampai pasar liwa.

4. Zona 4 adalah Kawasan Tugu Ara dan Seluruh Keg. di Lingkup Kota
Program dari Dinas PUPR adalah dekat masjid Al-Mansur dan ruko harus dirapatkan, pembangunan masjid al-mansur harus diprioritaskan serta jalan terminal, juga menentukan tempat untuk para PKL (Pedagang Kaki Liwa) atau menertibkan PKL (Pedagang Kaki Lima) dari Tugu Liwa sampai Taman Hamtebiu setelah dibuatnya Kios Buah nanti.

5. Zona 5 adalah Kawasan Batas Kota Liwa sampai Krui Kab. Pesisir Barat

6. Zona 6 adalah Kawasan Wisma Sindalapai, Lapangan Merdeka, Koridor Sepanjang Wisma Sindalapai sampai dengan Pasar Buah.
Program dari Dinas PUPR adalah pembangunan taman terbuka dan program dari Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata adalah pembangunan TICK melalui DAK 2018 ditanah pemda serta Dinas Lingkungan Hidup memiliki program yaitu membuat parkir terbuka di koridor Wisma Sindalapai sampai dengan Pasar Buah.

7. Zona 7 adalah Kawasan Kebun Raya Liwa
Program dari Dinas Balitbang yaitu pemeliharaan dan pembangunan taman KRL, pemeliharaan dan pembangunan blok, pembibitan, penanaman bibit hasil pemangkasan, juga menetapkan kabel bawah tanah agar lebih rapi, sedangkan program dari Dinas PUPR adalah rehabilitasi rumdan bupati, guest house dan rumdan wakil bupati, inventarisasi tanah eks. Erpacht dan pembangunan pendamping KRL, program dari Dinas Lingkungan Hidup yaitu menangani terotoar.

8. Zona 8 adalah Kawasan Perkantoran Pemda Lambar di Kel. Waymengaku 2019
Program DISKOMINFO adalah pembangunan tower radio komunikasi yang telah dikerjakan di tahun 2018, sedangkan program Dinas PUPR adalah pembangunan gerbang dan penataan tanah dan jalur pemda, pembangunan gedung budaya, penambahan ruang bidang, pembangunana Aulia Rapat dinas PMP, pembangunan kantor Kel.Pasar Liwa.

9. Zona 9 adalah Kawasan Batas Kota Liwa sampai Sukau (PLN)

Program kerja ini yang telah diprogramkan hingga pada tahun 2019 nanti, acara ini dipimpin langsung oleh Kadis BAPPEDA Bapak Okmal dan diakhiri dengan meminta pendapat atau usulan yang digunakan untuk memajukan program bupati. (Erlando:Kominfo)