21 Jun 18 13:17 PM

Pulihkan Populasi, Pemprov Tebar 100 ribu Benih Ikan

LUMBOK SEMINUNG – Dinas Kelautan Provinsi Lampung melalui Kepala UPTD Balai Benih Ikan Sentra (BBIS) melakukan penebaran sebanyak 100 ribu benih ikan (Restocking) di perairan umum Danau Ranau, Kecamatan Lumbok Seminung Kabupaten Lampung Barat Kamis 29/3/18.

Kegiatan ini dihadiri Kepala UPTD BBIS Ir. Marliana., Sekretaris Dinas Perikanan Lambar, Kabid Pengelolaan Pembudidayaan Ikan, Peratin Kagungan, Peratin Suka Banjar dan Peratin Tawan Suka Mulya serta sejumlah undangan.

Kabid Pengelolaan Pembudidayaan Ikan Umi Fitria, S.Pi., mendampingi Kepala Dinas Perikanan Drs. Syamsi Mursalin menjelaskan, perairan umum memiliki posisi strategis dengan fungsi multi guna sehingga salain dimanfaatkan untuk sektor perikanan dan pariwisata. Penebaran benih ikan ini dilakukan demi mendorong keberlanjutan sumberdaya alam perikanan yang saat ini telah mengalami penurunan pasca banyak ikan mati akibat meningkatnya kadar belerang beberapa waktu yang lalu.

Restocking benih ikan ini untuk menjaga ketahanan pangan bagi masyarakat dengan cara mengembalikan stok ikan di perairan umum dan mengembalikan fungsi serta peran perairan umum sebagai ekosistem yang seimbang, kata Umi.

Sebanyak 100 ribu benih ikan tersebut, kata dia terbagi dalam dua jenis yakti 50 ribu jenis ikan tawes dan 50 ribu ikan nila. Sementara untuk penebaran dilakukan di tiga titik tepatnya di Pekon Tawan Suka Mulya, Pekon Suka Banjar dan Pekon Kagungan. Pihaknya berharap restocking ini kembali menjaga keseimbangan alam dan lingkungan. Sebab tercatat sekitar 62 ton ikan yang mati baik itu dari keramba maupun ikan local pasca bencana tersebut.

Sementara itu, kepala UPTD BBIS Ir. Marliana, dalam sambutannya berharap agar penebaran benih ikan ini tidak hanya terbatas pada penebaran saja, harus ada langkah jelas dalam perawatan agar dapat menjadi modal alami pendapatan bagi masyarakat di kecamatan setempat.

Secara tidak langsung, restocking ini juga membantu masyarakat dalam pemenuhan ikan protein hewani dan meningkatkan ekonomi masyarakat yang ada di sekitar danau. Untuk itu kami berharap masyarakat dan petani ikan di kawasan seputaran danau ini tetap membantu program pemerintah dalam pengembangan perikanan berwawasan lingkungan dan tetap menjaga kelestarian Danau Ranau, Pungkasnya. (Sumber : Radar Lambar)