21 Jun 18 13:25 PM

PERINGATI HARI LAHIRNYA PANCASILA, PEMKAB LAMBAR GELAR UPACARA

Balik Bukit – Jum’at, (01/06/18) Pemerintah Kabupaten Lampung Barat melaksanakan Upacara Paripurna Pengibaran Bendera Merah Putih sekaligus memperingati Hari Lahir Pancasila di lapangan Pemdakab Lampung Barat.

Hadir pada acara tersebut, Pejabat Forkompinda, Dandim, Sekdakab berserta ibu, Asisten dan Staf Ahli Bupati, kepala OPD, Ketua Tim PKK, Pimpinan BUMD, seluruh ASN di lingkungan Pemkab Lampung Barat dan bertindak selaku inspektur pada acara tersebut adalah Bupati Lampung Barat Bpk. Parosil Mabsus., S.Pd.

Dalam sambutannya Parosil menyampaikan bahwa pancasila lahir ditengah-tengah perjuangan untuk merebut kemerdekaan dari tangan penjajah. Peringatan Hari lahir Pancasila ini mengambil tema “Kita Pancasila :  Bersatu, Berbagi, Berprestasi”.

Pancasila membuat bangsa ini bersatu sekaligus memberikan semangat bagi putra putri bangsa untuk leluasa menikmati kehidupan yang sejahtera dan memberikan motivasi untuk berbagi dan menjadikan sumber inspirasi untuk berprestasi sebaik-baiknya.

Kita sebagai bangsa Indonesia sepatutnya bersyukur karna negara ini dapat merumuskan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa. Pancasila tidak lahir secara mendadak di tahun 1945 tetapi melalui proses panjang dan dimatangkan oleh perjuangan rakyat  maka wajar kita rakyat bangsa Indonesia memiliki hari bersejarah bernama Hari Lahir Pancasila yang diperingati setiap tanggal 1 Juni. Oleh sebab itu tidak salah kita rakyat Indonesia mengenang kembali proses kelahiran tersebut dalam rangka kita memperingati kelahiran pancasila.

Di akhir sambutannya, Parosil berpesan bahwa resiko terbesar pada keberlanjutan eksistensi bangsa adalah tumbuhnya egoisme yang sempit. Oleh karena itu egoisme itulah yang harus kita tolak, egoisme agama, egoisme bangsa, egoisme etnis, egoisme suku, egoisme kekuasaan, egoisme harta. Pengalaman sejarah dan juga kebutuhan kita untuk mengawali  perjalanan bangsa ke depan mengharuskan kita untuk melawan egoisme tersebut.

Untuk itu pada peringatan hari pancasila tahun 2018 ini semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan pertolongan kepada kita  untuk bisa melaksanakan pembangunan dan pengabdian di Kabupaten Lampung Barat yang kita cintai ini dalam rangka mewujudkan Kabupaten Lampung Barat Hebat.  (Ichan Kominfo)