• 0728-21345
  • 13 Dec 18 06:21 AM

Optimalisasi Penggunaan Peralatan Sandi Pemerintah Daerah, Lembaga Sandi Pemprov Lampung Gelar Sosialisasi

Humas Lambar- Sosialisasi Peralatan Persandian Kantor Sandi Daerah Provinsi Lampung bekerja sama dengan Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Lampung Barat dihadiri Oleh Staf Ahli Bidang Administrasi Umum Drs. M. Mansolihi di hadiri oleh Kabid Statistik  Dan Persandian Diskominfo Provinsi Lampung Liswardy SH., Kepala OPD, Dan Perwakilan Dari Kecamatan Se Lambar Di Ruang Rapat Kenghatun BPKD Lambar Rabu 18/10.

Kabid Statistik  Dan Persandian Diskominfo Provinsi Lampung Liswardy, SH., menyampaikan akan pentingnya sebuah informasi di dalam megamankan kebijakan pemerintah pusat. Dalam era keterbukaan bidang persandian merubah paradigm lama persandian yaitu siap untuk tidak dikenal dalam menjalankan tugas mengamankan informasi berubah menjadi paradigma baru yaitu berani tampil memperkenalkan diri namun tetap berpegang pada prinsip kerahasiaan informasi.

Kegiatan sosialisasi tersebut dilaksanakan dengan maksud dan tujuan dalam rangka memberikan pemahaman dan kesadaran bahwa perkembangan teknologi memberikan peluang dalam upaya pencurian informasi yang bersifat rahasia dari pihak-pihak tidak bertanggungjawab. "diharapkan nantinya para peserta sosialisasi dapat mempergunakan teknik persandian untuk melakukan komunikasi informasi rahasia secara aman, untuk tujuan dan maksud strategis maupun teknis yang terukur," katanya.

Selain itu diharapkan dapat membuka wawasan dan pemahaman tentang pentingnya pengamanan informasi seiring dengan perkembangan ilmu dan teknologi yang memberikan segala kemudahan dan akses cepat dalam memperoleh informasi, tentunya kemudahan memperoleh informasi tidak luput dari ancaman informasi sehingga perlu suatu kesadaran akan keamanan informasi secara lebih dalam. Terlebih diera teknologi informasi seperti sekarang, keterbukaan dan globalisasi telah membawa dampak pada transparasi informasi, dimana hampir semua informasi mudah didapat.

Sementara itu dalam sambutanya Staf Ahli Bidang Administrasi Umum Drs. M. Mansolihi menyampaikan sangat mendukung diselenggarakannya sosialisasi tersebut dan berharap dapat menyatukan pemahaman atau persepsi tentang kesadaran keamanan informasi di lingkungan pemerintahan baik di Pemprov Lampung maupun Pemkab Lambar. Selain itu, masalah persandian merupakan hal yang sangat penting, terlebih di kabupaten Lambar sendiri ketersediaan SDM yang menangani masalah persandian (sandiman) sangat terbatas, dan bahkan belum ada di setiap SKPD. "termasuk peralatan persandian maupun alat pendukung utama yang belum tersedia, hingga masalah penganggaran di bidang persandian yang belum mendukung," katanya.

Pihaknya juga berharap penyelenggara persandian untuk lebih meningkatkan prinsip kehati-hatian, kewaspadaan dan sensitifitas terhadap pengamanan informasi strategis dan meningkatkan dedikasi, loyalitas dan memelihara etos kerja sebagai wujud dari profesionalisme insan persandian sehingga pada akhirnya akan terwujud jaring komunikasi sandi di seluruh wilayah kabupaten Lambar dengan baik.

Dalam era globalisasi dan menyikapi pesatnya perkembangan kemajuan teknologi dalam masyarakat, berbagai anggapan  bahwa menempatkan informasi sebagai komoditas utama, hal inilah bilamana tidak dapat memahami dengan baik akan memicu timbulnya era perang informasi di berbagai aspek.(yuli)

 

Info Terbaru

Agenda Kegiatan

Acara Rapat Forkompinda

Acara Rapat Forkompinda Kabupaten Lampung Barat Tempat  :... (30 November 2018)

Peresmian BBM 1 Harga

Hari dan Tanggal : Jum'at, 11 Mei 2018 Tempat : SPBKB Way... (11 Mei 2018)

Apel Gelar Pasukan

Hari dan Tanggal : Jum'at, 11 Mei 2018 Tempat : Lapangan... (11 Mei 2018)

Senam Sehat

Hari dan Tanggal : Jumat, 11 Mei 2018 Tempat : Lapangan Pemkab... (11 Mei 2018)

Pengajian Tahunan

Hari dan Tanggal : Rabu, 09 Mei 2018 Tempat : Kebun... (09 Mei 2018)

Harga Sembako

No Nama Satuan Harga
1 Gula Putih Kg Rp. 13.000,-
2 Beras Putih Kg Rp. 11.000,-

Lokasi Strategis

Kantorpos Liwa

Jl. Raden Intan, Pasar Liwa, Balik Bukit, Sukamenanti, Way Mengaku, Balik...

Masjid Baiturrahim, Lampung Barat

Way Mengaku, Balik Bukit Kabupaten Lampung Barat, Lampung...

RSUD Liwa Kabupaten Lampung Barat

Jl. Teuku Umar No. 3, Liwa, Kubu Perahu, Balik Bukit Kabupaten Lampung Barat,...

Wisata Kebun Raya Liwa

Kebun Raya Liwa, Way Mengaku, Balik Bukit West Lampung Regency, Lampung...

Kantor Bupati Lampung Barat

Jl. Raden Intan II No. 1 Way Mengaku, Balik Bukit Lampung Barat Lampung, 34811...