21 Jun 18 13:27 PM

Lampung Barat Aman dari Serangan Virus Jembrana

Dinas Perkebunan dan Perternakan (Disbunnak) Kabupaten Lambar memastikan bahwa ternak sapi milik masyarakat yang ada di Beguai Jejama Sai Betik ini aman dari serangan virus jembrana. Itu artinya peternak sapi tidak perlu khawatir sapinya akan terserang virus tersebut.

Kasi Kesehatan Hewan Soeryono, S.ST mendampingi Kepala Dinas Perkebunan dan Perternakan Tri Umaryani, S.P, M.Si mengungkapkan, Disbunnak melalui petugas kesehatan hewan yang ada di tingkat Kecamatan rutin melakukan pengawasan terhadap ternak, baik ternak sapi yang dipelihara masyarakat maupun ternak yang dikirim dari luar daerah.

“Kabupaten Lambar aman dari serangan virus jembrana, karena populasi sapi bali tidak ada di daerah ini. Jenis sapi yang dipelihara oleh masyarakat rata-rata adalah sapi PO, sapi lokal dan eksotik,” kata Soeryono, Selasa (3/4).

Menurutnya, untuk saat ini ternak sapi milik peternak Lambar dipastikan aman dari serangan virus jembrana yang belakan ini terjadi di sejumlah wilayah di Provinsi Lampung. Kendati dimiliki pihaknya tetap antisipasi dan diminta agar pemilik ternak juga tetap mewaspadainya.

“Ciri-ciri sapi yang terserang virus jembrana antara lain mengeluarkan keringat darah, mengalamai demam tinggi serta kotorannya mencret. Bagi sapi yang terserang virus jembrana biasanya sekitar tiga hari ternak tersebut akan mengalami kematian,” imbuhnya seraya menambahkan, pihaknya berharap virus jembrana tidak menyerang ternak sapi di Kabupaten Lambar.  (Sumber : Radar Lambar)