• 0728-21345
  • 26 Aug 19 16:31 PM

FGD -  Membangun Ekonomi Kreatif Berbasis Komuditi Kopi

Dalam rangka acara FGD - membangun ekonomi kreatif berbasis komuditi kopi yang digelar digedung ke Agungan Pemkab Lambar, Selasa/27/11/2018.

Dalam acara tersebut turut di hadiri oleh wakil bupati Drs. Mad Hasnurin (sambutan sekaligus membuka secara resmi acara),  Wakil Ketua DPRD  Lampung Barat, Asisten, Kepala OPD, Kabit Perkebunan, Kepala Kantor Kementrian Agama, Drs. M. Laba Sudiarno (nara sumber) dari Baliti Kementrian Pertanian, Handoko Hendroyono (Founder Viva Barista dan sutradara  filosofi kopi), Andika Yuwono dan Mia Laksmi Hidayani (Cofeelab 5758 Bandung).

Adapun sambutan wakil Bupati Lampung Barat menyampaikan bahwa, perekonomian kabupaten Lampung Barat sangat di pengaruhi situasi produksi, mutu, dan harga kopi, hal ini terlihat dari sumbangan sub sektor perkebunan maupun industri  pengelolahan yang cukup tinggi.

Selanjutnya, pada PDRB Lampung Barat setiap tahunnya 86,54 persen masyarakat Lampung Barat bermata pencaharian sebagai petani kopi , sehingga setiap pergerakan ekonomi yang diterima masyarakat sangat mempengaruhi  laju pertumbuhan ekonomi Lampung Barat.

Beriktunya, hal ini membutuhkan upaya pembangunan yang lebih kreatif dalam rangkayan agribisnis perdagangan kopi dan keragaman produks turunannya maupun keragaman mutu dari kopi itu sendiri.

Selain itu, dalam kesempatan tersebut disampaikan juga bahwa, bebrapa prestasi yang diukir produk kopi Rebusta Liwa (Korola), pada tahun ini yaitu penghargaan Bronze Gourment oleh kopi pak Trimanto (Bedudu). Selanjutnya, juara III pada kompotisi kopi spesiality Indonesia oleh kopi milik bapak Jamaluddin (Talang Panjang-Trimulyo).

Selain itu, disetujuinya pelepasan varietas unggulan lokal kopi Robusta Liwa Lampung (Korolla) pada sidang  pelepasan varietas tanaman perekebunan untuk varietas  klon tugu kuning sebagai Korollan 1, tugu hijau sebagai Korolla 2, Lengkong sebagai Korolla 3 dan Bodong Jaya sebagai Korolla 4 yang pada tanggal 27 Agustus telah di terbitkan tanda daftar varietas lokal (TDLV) oleh Kementrian Pertanian RI.

Dalam rangka memperkuat perekonomian daerah dengan semboyan “Beguai Jejama” beberapa kebijakan pembanguan perkebunan kopi Lampung Barat dapat saya sampaikan sebagai beriku:

  • Pembanguna Agro Tekno Park (ATP) kopi Robusta Liwa Lampung Barat (korolla)
  • Pembangunan sekolah kopi
  • Pengembangan kampung kopi Rigis
  • Pengentasan kemiskinan petani kopi melalui program intensifikasi dan pendampingan
  • Peningkatan produksi
  • Produktivitas dan mutu kopi dan penyediaan sarana pasca panen kopi.“Ujarnya”

Adapun harapannya bahwa dengan FGD ini akan mapu memunculkan sebuah gagasan kreatif yang dapat dan menjadi komitmen bersama dalam meningkatkan perekonomian daerah dengan icon surganya penikmat kopi, bertumbuhnya IKM dan UKM kopi yang telah menembus 100 pengusaha dan terus dipacu pertumbuhannya. Menjadikan kopi sebagai bagian Badan Usaha Milik Pekon (BUMP), setiknya kedepan dapat muncul 1 kecamatan dengan 1 BUM pekon pengelola kedai kopi maupun produsen kopi. “Tutupnya”

 (Rian Ariska/Nunun Gempita KOMINFO)

Info Terbaru

Agenda Kegiatan

Pengangkatan Anggota LHP se-kecamatan Kebun Tebu

Hari/Tanggal : Rabu, 07 Agustus 2019 Jam : 14.00... (07 Agustus 2019)

Peresmian Perubahan status SMPN 2 Batu Ketulis

Hari/Tanggal : Selasa, 06 Agustus 2019 Jam : 13.00... (06 Agustus 2019)

Pengangkatan Anggota LHP se-kecamatan batu ketulis

Hari/Tanggal : Selasa, 06 Agustus 2019 Jam : 09.00... (06 Agustus 2019)

Persetujuan Nota Kesepakatan KUA-PPAS APBD 2020

Hari/Tanggal : Senin, 05 Agustus 2019 Jam : 09.00... (05 Agustus 2019)

SafariJumat

Hari/Tanggal : Jumat, 02 Agustus 2019 Jam : 11.00... (02 Agustus 2019)

Harga Sembako

No Nama Satuan Harga
1 Gula Putih Kg Rp. 13.000,-
2 Beras Putih Kg Rp. 11.000,-

Lokasi Strategis

Kantorpos Liwa

Jl. Raden Intan, Pasar Liwa, Balik Bukit, Sukamenanti, Way Mengaku, Balik...

Masjid Baiturrahim, Lampung Barat

Way Mengaku, Balik Bukit Kabupaten Lampung Barat, Lampung...

RSUD Liwa Kabupaten Lampung Barat

Jl. Teuku Umar No. 3, Liwa, Kubu Perahu, Balik Bukit Kabupaten Lampung Barat,...

Wisata Kebun Raya Liwa

Kebun Raya Liwa, Way Mengaku, Balik Bukit West Lampung Regency, Lampung...

Kantor Bupati Lampung Barat

Jl. Raden Intan II No. 1 Way Mengaku, Balik Bukit Lampung Barat Lampung, 34811...