• 0728-21345
  • 20 Jun 19 16:15 PM

Bupati Lambar menghadiri Peresmian Sekretariat Tim GLD

Tim Gerakan Literasi  Daerah (GLD) Kabupaten Lampung Barat menggelar kegiatan Buka  Bersama sekaligus peresmian Sekretariat Tim GLD (26/5-19). Hadir pada kegiatan tersebut, Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus, S.Pd, Ketua Tim GLD Kabupaten Lampung Barat Partinia, S.Pd  MM, Kepala Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Drs. Saripan Halim, MM, Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, Dan Pariwisata Ronggur L. Tobing, S.Ip M.Si, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Pemerintahan Pekon Yudha Setiawan, S.Ip, Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Ahmad Syukri, S.Pd, Pengelola Lamban Baca dan Komunitas Baca, se Kabupaten Lampung Barat

Dalam sambutannya Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus memberi apresiasi atas kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh jajaran pengurus Tim GLD. Walaupun organisasi ini baru seumur jagung, tapi sudah cukup banyak yang sudah diperbuat oleh tim ini.

Selanjutnya kata Parosil, Tim ini dikukuhkan oleh saya pada 27 September 2019 di Pekon Padang Tambak Kecamatan Way Tenong, bersamaan dengan pencanangan Pekon Padang Tambak sebagai Pekon Literasi.

Di Lampung Barat ada tiga program unggulan pembangunan yang harus dilaksanakan di era kepemimpinan saya, yaitu Lampung Barat sebagai Kabupaten Literasi, Kabupaten Tangguh Bencana, dan Kabupaten Konservasi.

Akan halnya sekretariat yang sudah ada ini hendaknya dipergunakan sebaik-baiknya. Baik itu untuk kegiatan administratif kesekretariatan juga hendaknya dapat menjadi pusat informasi yang berkenaan dengan Literasi. Juga bisa digunakan untuk tempat kumpul dan diskusi kecil bagi Tim GLD dan Komunitas Baca yang ada di Lampung Barat, sehingga dari gedung ini dapat tercipta kreatifitas dan inovasi untuk menumbuh kembangkan program literasi di Lampung Barat.

Apalagi Sekretariat Tim GLD Kabupaten Lampung Barat beralamat di Wisma Sindalapai Jalan Raden Intan Kelurahan Pasar Liwa, Kecamatan Balik Bukit. Merupakan tempat yang strategis, karena letaknya di tengah kota Liwa, tambah Parosil.

Di lain fihak Sekretaris Tim Gerakan Literasi Daerah Kabupaten Lampung Barat Drs. Sandarsyah mendampingi Ketua Tim GLD kabupaten setempat Partinia, S.Pd  MM mengatakan, Tim GLD terbentuk merupakan amanat dari Peraturan Bupati Nomor 19 tahun 2018 tentang Gerakan Literasi Daerah, bahwa untuk melaksanakan program Gerakan Literasi Daerah perlu dibentuk Tim GLD.

Gerakan Literasi  Daerah adalah sebuah gerakan untuk menyinergikan semua potensi serta memperluas keterlibatan publik  dalam menumbuhkan, mengembangkan, dan membudayakan literasi  di Kabupaten Lampung Barat.

Dengan demikian tujuan dari GLD adalah untuk menumbuh kembangkan budaya literasi  pada ekosistem pendidikan mulai dari keluarga, sekolah, dan masyarakat dalam rangka pembelajaran sepanjang hayat sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Ada tiga perinsip sebagai acuan pelaksanaan GLD yaitu Berkesinambungan, Terintegrasi, dan melibatkan semua kepentingan, pungkas Sandarsyah.

&&&&&

Info Terbaru

Agenda Kegiatan

Harga Nanas XXVI Tahun 2019

Hari/Tanggal : Sabtu, 06/07/2019 Jam : :... (06 Juli 2019)

Rapat Paripurna Persetujuan DPRD

Hari/Tanggal : Senin, 24/06/2019 Jam : 13:00... (24 Juni 2019)

Rapat Paripurna Penyampaian Pendapat Akhir Faksi

Hari/Tanggal : Senin, 24/06/2019 Jam : 09:00... (24 Juni 2019)

Halal Bihalal Provinsi Lampung

Hari/Tanggal : Selasa, 18/06/2019 Jam : 09:00... (18 Juni 2019)

Penyambutan Gubernur Lampung

Hari/Tanggal : Kamis, 13/06/2019 Jam : 10:00... (13 Juni 2019)

Harga Sembako

No Nama Satuan Harga
1 Gula Putih Kg Rp. 13.000,-
2 Beras Putih Kg Rp. 11.000,-

Lokasi Strategis

Kantorpos Liwa

Jl. Raden Intan, Pasar Liwa, Balik Bukit, Sukamenanti, Way Mengaku, Balik...

Masjid Baiturrahim, Lampung Barat

Way Mengaku, Balik Bukit Kabupaten Lampung Barat, Lampung...

RSUD Liwa Kabupaten Lampung Barat

Jl. Teuku Umar No. 3, Liwa, Kubu Perahu, Balik Bukit Kabupaten Lampung Barat,...

Wisata Kebun Raya Liwa

Kebun Raya Liwa, Way Mengaku, Balik Bukit West Lampung Regency, Lampung...

Kantor Bupati Lampung Barat

Jl. Raden Intan II No. 1 Way Mengaku, Balik Bukit Lampung Barat Lampung, 34811...