• 0728-21345
  • kominfo.lambar@gmail.com
  • 24 Oct 18 03:18 AM

Akbp Tri Suhartanto Mengatakan Stop Pembakaran Hutan

Kapolres Lampung Barat mengatakan membakar hutan dapat dipidana Penjara 15 tahun dan Atau Denda Rp.5 Milyar. Kapolres Lampung Barat Akbp Tri Suhartanto Sik didampingi kapoksek Bengkunat Iptu Ono Karyono SH MH menyelenggarakan Rembug Pekon di Pekon Sukabandar Kecamatan Ngambur Kabupaten Pesisir Barat. (11/08/2018)

Dalam sambutannya kapolres Lampung Barat menyampaikan bahwa dalam rangka mengantisipasi terjadinya kebakaran lahan dan hutan (Karhutla) khususnya pada beberapa wilayah di  Pesisir Barat & Lampung Barat yang berada pada garis katulistiwa saat ini telah memasuki musim kemarau yang pertama yaitu ditandai dengan munculnya beberapa titik api (hot spot), maka digelar operasi kepolisian kewilayahan; Operasi Kahutla 2018 bertujuan terwujudnya kesadaran masyarakat dan badan hukum agar tidak melakukan tindakan membakar hutan dan lahan yang dapat menimbulkan kebakaran dan bencana kabut asap,ujarnya”.

Selanjutnya bertujuan Merubah mindset masyarakat dari membakar lahan menjadi tidak membakar lahan. Diharapkan masyarakat Pesisir Barat & Lampung Barat ikut berpartisipasi aktif untuk menjaga lahannya dengan menghilangkan tradisi membakar lahan sebelum berladang. Kapolres berusaha Menyadarkan stakohelder dan masyarakat agar mengembalikan kembali fungsi lahan gambut sebagai daerah tangkapan air, dengan membuat sekat kanal.Untuk itu kapolres mengajak stakolelder agar mau dan mampu membuat kebijakan dalam mengantisipasi karhutla yang bersifat permanen. Kemudian kapolres Lampung Barat Akbp Tri Suhartanto Sik  beserta seluruh jajaran menyelenggarakan Operasi Kepolisian Kewilayahan dengan sandi Operasi “Bina Karuna Krakatau-2018”  dengan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif yang didukung deteksi dini dalam rangka pencegahan Karhutla guna melindungi keselamatan masyarakat dari ancaman bencana.

Ia menghimbau kepada masyarakat pekon Sukabanjar Kabupaten Pesisir Barat untuk tidak melakukan pembakaran hutan dalam pembukaan lahan dan jikalau akan membersihkan lahan harap dilakukan secara bijak dengan tidak membakarnya mengingat dapat merusak ekosistem lingkungan hidup kita terlebih saat ini adanya  kegiatan ASIAN GAMES JAKARTA PALEMBANG. Kapolres Menghimbau masyarakat jangan sampai membakar hutan dan lahan saksi Pidana mengacu kepada Pasal 78 Ayat (3) UU No 41 thn 1999 Ttg Kehutanan dgn Sanksi 15 th Kurungan dan denda Max Rp. 5 Milyar dan Pasal 108 Ayat (1) UU 32 Th 2009  ttg Perlindungan dan pengelolahaan Lingkungan Hidup, tuturnya”.

Mari kita jaga lingkungan hidup kita dengan melestarikan hutan di sekitar kita,  hindari & jangan membakar hutan / membersihkan belukar dengan cara membakar, siapa lagi yang peduli kepada lingkungan kita kalau bukan kita sendiri, tutupnya”.

(Hestina Kominfo)

 

Info Terbaru

Agenda Kegiatan

Peresmian BBM 1 Harga

Hari dan Tanggal : Jum'at, 11 Mei 2018 Tempat : SPBKB Way... (11 Mei 2018)

Apel Gelar Pasukan

Hari dan Tanggal : Jum'at, 11 Mei 2018 Tempat : Lapangan... (11 Mei 2018)

Senam Sehat

Hari dan Tanggal : Jumat, 11 Mei 2018 Tempat : Lapangan Pemkab... (11 Mei 2018)

Pengajian Tahunan

Hari dan Tanggal : Rabu, 09 Mei 2018 Tempat : Kebun... (09 Mei 2018)

Pencanangan Kabupaten Literasi

Hari dan Tanggal : Rabu, 02 Mei 2018 Tempat : Gor Ajisaka... (02 Mei 2018)

Harga Sembako

No Nama Satuan Harga
1 Gula Putih Kg Rp. 13.000,-
2 Beras Putih Kg Rp. 11.000,-

Lokasi Strategis

Kantorpos Liwa

Jl. Raden Intan, Pasar Liwa, Balik Bukit, Sukamenanti, Way Mengaku, Balik...

Masjid Baiturrahim, Lampung Barat

Way Mengaku, Balik Bukit Kabupaten Lampung Barat, Lampung...

RSUD Liwa Kabupaten Lampung Barat

Jl. Teuku Umar No. 3, Liwa, Kubu Perahu, Balik Bukit Kabupaten Lampung Barat,...

Wisata Kebun Raya Liwa

Kebun Raya Liwa, Way Mengaku, Balik Bukit West Lampung Regency, Lampung...

Kantor Bupati Lampung Barat

Jl. Raden Intan II No. 1 Way Mengaku, Balik Bukit Lampung Barat Lampung, 34811...