• 0728-21345
  • 13 Dec 18 07:00 AM

Acara festival Kebangsaan dan Peresmian Sekaligus Penandatangan Tugu Soekarno

Dalam rangka peresmian sekaligus penandatangan tugu Soekarno dan festival kebangsaan bertempat di Sumber Jaya Lampung Barat pada hari Rabu/14/11/2018. Pada acara tersebut dihadiri oleh bupati Lampung Barat Parosil Mabsus, Kepala BPIP Prof. Dr. Hariyano, M.Pd, bupati Lampung Barat Prode 2007-2017 Inisiator Tugu Soekarno Drs. H. Mukhlis Basri, MM, Keua DPRD beserta anggota, Polisi, TNI, Sekertaris Daerah, Staf, Asisten, Kepala OPD,  Camat, Peratin,  Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Agama dan masyarakat setempat yang hadir.

Dalam sambutan Bupati Lampung Barat menyampaikan bahwa, hari ini merupakan sejarah bagi kabupaten Lampung Barat khuasnya Kecamatan Sumber Jaya, kita melaksanakan sebuah kegiatan Festival Kebangsaan, kegiatan ini di laksankan oleh pemerintah daerah dalam rangka mengenang perjuangan, pergerakan, perhatian, kepada Ir. Soekarno dan Muhammat Hatta, dalam rangka menegakkan dan mengokohkan negara kesatuan Repoblik Indonesia.

Selanjutnya, kegiatan ini bertema “Napak Tilas” yang artinya sebuah perjalanan pada tahun 14 November 1952 Ir. Soekarno menghantarkan trasmigrasi  barisan rekontruksi nasional tepatnya di pekon Suka Pura dan beliu telah melakukan perjalan yang panjang kurang lebih 7 Km utnuk melihat situasi dan kondisi dari para napigasi dan potensi wilayah yang ada di wilayah Kecamatan Sumber Jaya, sekaligus memberi nama Sumber jaya merupakan amanat yang beliau sampaikan kepada masyarakat yang di tarsmigrasikan di pekon Suka Pura.

Berikutnya, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menegakkan nilai-nilai nasionalisme, nilai-nilai patriotisme, dan nilai-nilai persaudaraan dan kebangsaan, ahir-ahir ini nilai-nilai tersebut hampir luntur dan hilang, oleh karena itu kita sebagai genarasi memiliki tanggung jawab untuk tetap mempertahankan dan senantisa menegakkan bendera merah putih dan negara kesatuan repoblik Indonesia.

Berikutnya, terdapat sebuah kalimat yang tidak boleh kita lupakan”perjalan 10 ml pun harus di awali dengan 1 langkah perjalanan yang pertama” tulisan dan kata-katanya sangat sederhana akan tetapi maknanya luarbiasa, perjuangan itu membutuhkan sebuah kesungguh-sungguhan dan perjuangan itu harus selalu kita ingat sebgai generasi penerusnya.

Lampung Barat dapat seperti ini berkat dukungan dan kerjasama semua pihak tidak bicara suku, agama, justru dengan adanya pergerakan transmigrasi itu, mengokohkan dan memperkuat negara kesatuan republik Indonesia, oleh karena itu dengan adanya beragama suku, agama dan bahasa maka, akan terbentuk sebuah kekuatan dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia, "Ujarnya".

Adapun harapan bupati Lampung Barat bahwa, untuk selueruh generasi muda khusunya peserta festival kebangsaan kita tidak boleh melupakan jasa-jasa para pejuang kemerdekaan Indonesia khusunya Ir Seokarno dan Mohammad Hatta dan para pejuang kemerdekaan Indonesia termasuk para orang tua kita kakek, nenek dan para buyut-buyut kita yang telah berjuang untuk menjadikan daerah Sumber Jaya kabupaten Lampung Barat yang makmur dan sejahtera, "Tutupnya".

 

(Rian Ariska/ Nunun Gempita/ KOMINFO)

 

 

 

 

Info Terbaru

Agenda Kegiatan

Acara Rapat Forkompinda

Acara Rapat Forkompinda Kabupaten Lampung Barat Tempat  :... (30 November 2018)

Peresmian BBM 1 Harga

Hari dan Tanggal : Jum'at, 11 Mei 2018 Tempat : SPBKB Way... (11 Mei 2018)

Apel Gelar Pasukan

Hari dan Tanggal : Jum'at, 11 Mei 2018 Tempat : Lapangan... (11 Mei 2018)

Senam Sehat

Hari dan Tanggal : Jumat, 11 Mei 2018 Tempat : Lapangan Pemkab... (11 Mei 2018)

Pengajian Tahunan

Hari dan Tanggal : Rabu, 09 Mei 2018 Tempat : Kebun... (09 Mei 2018)

Harga Sembako

No Nama Satuan Harga
1 Gula Putih Kg Rp. 13.000,-
2 Beras Putih Kg Rp. 11.000,-

Lokasi Strategis

Kantorpos Liwa

Jl. Raden Intan, Pasar Liwa, Balik Bukit, Sukamenanti, Way Mengaku, Balik...

Masjid Baiturrahim, Lampung Barat

Way Mengaku, Balik Bukit Kabupaten Lampung Barat, Lampung...

RSUD Liwa Kabupaten Lampung Barat

Jl. Teuku Umar No. 3, Liwa, Kubu Perahu, Balik Bukit Kabupaten Lampung Barat,...

Wisata Kebun Raya Liwa

Kebun Raya Liwa, Way Mengaku, Balik Bukit West Lampung Regency, Lampung...

Kantor Bupati Lampung Barat

Jl. Raden Intan II No. 1 Way Mengaku, Balik Bukit Lampung Barat Lampung, 34811...